Buru Dalang Binomo, Bareskrim Usut Aliran Dana Payment Gateway Lokal


Badan Reserse Kiriminal (Bareskrim) Polri menduga terdapat aliran uang dari kasus dugaan penipuan investasi binary option alias opsi biner aplikasi Binomo yang melalui payment gateway di Indonesia.

Payment Gateway merupakan sistem pembayaran untuk transaksi secara daring yang mengotorisasi proses pembayaran. Beberapa medium seperti transfer antar bank, kartu kredit hingga e-wallet atau dompet elektronik.

"Kami sedang dalami karena dari aliran dana ternyata uang tersebut mengalir lewat payment gateway di Indonesia," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan kepada wartawan, Kamis (10/3).

Namun demikian, Whisnu belum dapat menjabarkan lebih lanjut mengenai nama dari payment gateway yang dimaksud tersebut.

Hanya saja, polisi mengindikasikan terdapat pelaku lain yang diduga bertindak di belakang Indra Kenz sebagai affiliator aplikasi Binomo tersebut.

"Kami menduga ada pelaku lain di luar IK yang ada di Indonesia yang masih kami cari. Ada beberapa payment gateway lah," jelasnya.

Whisnu mengatakan bahwa platform Binomo saat ini tak dapat dipergunakan lagi usai diblokir oleh otoritas terkait. Hanya saja, kata dia, kepoilsian masih mendalami ihwal kemungkinan pelaku di kasus Binomo ini mengoperasikan skema penipuan opsi biner itu lewat platform yang berbeda.

"Kami dalami semua. Tapi untuk kasus IK kami selesaikan pemberkasan dan kami akan mencari siapa tersangka di balik itu," tambah dia.

Sebagai informasi, Indra Kenz ditetapkan tersangka dugaan tindak pidana judi online dan/atau penyebaran berita bohong melalui media elektronik dan/atau penipuan, perbuatan curang dan/atau tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait aplikasi Binomo.

Setelah Indra ditahan, penyidik langsung melakukan tracing aset Indra Kenz. Pelacakan dilakukan terhadap orang terdekat Indra, termasuk Vanessa hingga calon mertuanya.

Penyidik juga bakal menyita aset pacar hingga keluarga Indra Kenz jika terbukti menerima uang dari hasil TPPU yang dilakukan Indra Kenz.

Related

News 6108360841433188464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item