Kisah Presiden Amerika Dikirimi Racun Mematikan Lewat Surat

Sebuah paket berisi racun risin yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump berhasil dicegat sebelum mencapai Gedung Putih, kata sejumlah...


Sebuah paket berisi racun risin yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump berhasil dicegat sebelum mencapai Gedung Putih, kata sejumlah pejabat kepada media di AS.

Surat tersebut ditemukan di sebuah fasilitas khusus penyaringan surat-surat untuk Gedung Putih, kata para pejabat. Mereka mengatakan zat yang ditemukan di dalam amplop itu diidentifikasi sebagai risin, racun yang secara alami ditemukan dalam biji jarak.

Biro Penyelidik Federal (FBI) dan Dinas Rahasia menyelidiki dari mana paket itu berasal, dan apakah ada surat serupa yang dikirim melalui pelayanan pos.

Surat tersebut ditemukan di sebuah fasilitas khusus penyaringan surat-surat untuk Gedung Putih, kata para pejabat.

"Saat ini, tidak ada ancaman terhadap keselamatan publik," kata FBI kepada stasiun televisi CNN dalam sebuah pernyataan.

Siapa pengirim racun risin untuk Trump?

Seorang pejabat mengatakan kepada New York Times bahwa tim penyelidik meyakini bahwa paket itu dikirim dari Kanada.

Sebuah laporan resmi menyebutkan bahwa keberadaan paket berisi racun risin itu telah dikonfirmasi setelah diuji oleh FBI.

Kepolisian Kanada mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan FBI untuk menyelidiki "surat mencurigakan yang dikirim ke Gedung Putih".

Apa yang terjadi jika risin ditelan atau dihirup?

Racun risin diproduksi dengan mengolah biji jarak. Ini adalah zat mematikan yang, jika ditelan, dihirup, atau disuntikkan, dapat menyebabkan mual, muntah, pendarahan, dan akhirnya gagal organ.

Sejauh ini belum ada penawar yang diketahui untuk risin.

Apabila seseorang terpapar risin, kematian dapat terjadi dalam 36 hingga 72 jam, tergantung pada dosis yang diterima, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

CDC berkata racun ini – yang pernah digunakan dalam berbagai rencana aksi teror – dapat dibuat menjadi senjata dalam bentuk bubuk, kabut, atau butiran.

Siapa pejabat AS yang pernah dikirim racun risin?

Gedung Putih dan sejumlah gedung federal lainnya pernah menjadi sasaran paket berisi racun risin di masa lalu.

Pada 2014, seorang pria asal Mississippi, AS dijatuhi hukuman 25 tahun penjara karena mengirim surat yang ditaburi risin kepada mantan Presiden Barack Obama dan pejabat lainnya.

Empat tahun kemudian, pada 2018, seorang veteran Angkatan Laut didakwa mengirim surat beracun ke Pentagon dan Gedung Putih.

Related

International 4019975247477988098

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item