Kronologi Sakit yang Diidap Hilman Hariwijaya, Penulis Serial Lupus


Hilman Hariwijaya meninggal dunia. Sahabatnya, Teuku Firmansyah dan Cindy Fatikasari, menjelaskan kronologi sakit yang diidap Hilman Hariwijaya.

Dikenal sebagai penulis novel Lupus, Hilman Hariwijaya ternyata cukup banyak mengidap sakit. Salah satunya liver.

Teuku Firmansyah menjelaskan, Hilman Hariwijaya meninggal dunia karena liver yang diidapnya. Namun sebelumnya, Hilman Hariwijaya sempat sakit stroke.

"Saya dapat kabar tadi pagi dari istri adiknya bahwa sahabat saya, Hilman Hariwijaya udah nggak ada karena livernya bermasalah. Sebelumnya sempat kena stroke," ujar Teuku Firmansyah saat dijumpai di rumah duka, kawasan Tangerang Selatan, Rabu (9/3/2022).

Teuku Firmansyah menegaskan, sebelumnya Hilman Hariwijaya sempat sembuh dari livernya. Kemudian kambuh lagi dan muncul komplikasi pada paru-paru.

Saat itu daya tahan tubuh Hilman Hariwijaya pun menurun dan akhirnya meninggal dunia.

"Livernya sempat sembuh, tapi kambuh lagi. Terus ada komplikasi lainnya kayak paru-paru dan lain-lain, sampai akhirnya daya tahan tubuhnya nggak bisa melawan penyakitnya," jelas Teuku Firmansyah lagi.

Hilman Hariwijaya memang sudah lama mengidap sakit liver. Ia juga pernah menjalani operasi pengangkatan liver di Kuala Lumpur, Malaysia. Saat itu kondisi Hilman Hariwijaya sempat membaik pascaoperasi.

"Liver awal itu tiga tahun lalu sempat dioperasi. Itu juga lumayan parah. Setelah dioperasi alhamdulilah membaik. Untuk liver sempat ke Kuala Lumpur," jelasnya lagi.

Pada 2021, Hilman Hariwijaya pernah terpapar COVID-19. Kondisinya saat itu cukup parah.

"Tahun 2021 sempat kena COVID-19 cukup parah. Setelah kena COVID-19 baru kena stroke. Histori perjuangan melawan penyakit sudah cukup lama," tegas Teuku Firmansyah.

Related

News 6072225245972291572

Recent

item