Mengenal LiteSpeed: Keunggulan dan Manfaatnya bagi Website Anda


Berkat adanya dukungan fitur andal serta performa yang optimal, LiteSpeed web server belakangan ini menjadi primadona baru untuk mengembangkan sebuah website. Tidak hanya menjadi pilihan alternatif dari web server lain, kinerja LiteSpeed bahkan dianggap lebih cepat beberapa kali lipat jika dibandingkan Apache, tanpa perlu mengubah konfigurasi yang ada. Sangat menarik, kan?

Apa itu LiteSpeed Web Server?

LiteSpeed web server merupakan server web dengan kinerja tinggi yang didukung teknologi LiteSpeed. Saat ini, LiteSpeed Web Server atau biasa disingkat LSWS banyak dimanfaatkan oleh para pengembang untuk membangun website, karena dianggap bisa bersaing dengan Apache yang sudah memiliki 4 juta lebih pengguna.

Menilik dari sejarahnya, LiteSpeed Web Server pertama kali meluncur pada bulan Juli 2003 silam. Dengan usia yang hampir satu dekade, LSWS diperkirakan sudah menguasai 10% dari pangsa pasar pengguna web server di seluruh dunia.

Dengan adanya berbagai fitur andal, support, serta komunitas yang semakin berkembang, tidak heran jika LiteSpeed menjadi salah satu syarat yang harus ditawarkan oleh penyedia web hosting terbaik di Indonesia maupun dunia.

Manfaat LiteSpeed untuk Website

Sebagai salah satu rising star di segmen teknologi web server, LiteSpeed diketahui memiliki beberapa manfaat bagi website. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Bisa Mempercepat Performa Website 

Berkat adanya sejumlah fitur seperti concurrent connections, gzip compression, serta arsitektur event-driven yang khusus dikembangkan oleh LiteSpeed, kamu bisa mendapatkan performa website yang lebih cepat jika dibandingkan web server lain seperti Apache. 

Perlu diketahui, fitur gzip compression memiliki peran penting dalam melakukan kompresi file berukuran besar, sehingga lebih ringan ketika diakses oleh user. Tanpa adanya fitur ini, otomatis browser akan men-download file apa adanya sehingga memerlukan waktu loading lebih lama, belum lagi terkait kuota bandwidth yang sering dipatok oleh hosting provider.

2. Mengoptimalkan Keamanan Website

Pernahkah kamu mendengar istilah DDoS Attack? Nah, LiteSpeed tercatat sudah dibekali sistem keamanan anti-DDoS Attack melalui skema pembatasan bandwidth. Jadi, jika ada IP address yang terdeteksi melakukan permintaan bandwidth secara massif, maka sistem akan otomatis melakukan pemblokiran.

Adapun faktor lain yang membuat LiteSpeed lebih aman yakni adanya sistem proteksi pada halaman wp-login.php di dalam WordPress. Agar dashboard website tidak mudah jatuh ke tangan hacker, LiteSpeed akan meminimalisir brute force atau serangan dengan cara menebak username dan password login.

Berbagai Fitur LiteSpeed Web Server

Sebagai salah satu web server terbaik saat ini, LiteSpeed hadir dengan membawa sejumlah fitur untuk memanjakan para penggunanya. Inilah beberapa fitur LiteSpeed Web Server yang perlu kamu ketahui.

1. GZIP Compression

GZIP Compression menjadi fitur yang banyak dicari oleh para blogger maupun web developer, karena kompresi gzip pada LiteSpeed web server mampu memperkecil ukuran file yang diakses oleh user melalui browser. 

Selain membuat loading website menjadi lebih cepat karena ukuran file sudah terkompresi, hal ini sedikit banyak juga berpengaruh terhadap penurunan tagihan hosting. Pasalnya, bandwidth yang dibutuhkan juga semakin kecil.

2. SSL Acceleration

Jika dibandingkan Apache web server, LiteSpeed diklaim mampu mengirimkan page HTTPS hingga tiga kali lebih cepat. Capaian tersebut tidak lepas dari adanya teknologi SSL Acceleration yang tidak bisa didapatkan pada web server lain seperti Apache.

3. Control Panel Compatible

Kamu pengguna cPanel? DirectAdmin? Atau lebih suka panel gratisan seperti CyberPanel? Tenang, teknologi LiteSpeed Web Server bisa beradaptasi dengan semua jenis control panel yang digunakan Apache. Jadi tidak perlu khawatir!

4. Server APIs (LSAPI)

Fitur lain yang juga banyak diunggulkan dari LiteSpeed adalah LSAPI atau LiteSpeed Server Application Programming Interface. API Server ini dirancang untuk mendukung komunikasi antara web server dan aplikasi eksternal yang dipakai untuk mengembangkan website.

Berkat performanya yang sangat efisien, LSAPI bisa dipakai untuk mendukung kebutuhan aplikasi eksternal seperti Python, ASP, PHP, atau Ruby. 

Keunggulan LiteSpeed Dibandingkan Web Server Lain

1. Mudah Digunakan dan Dipelajari

Ada dua sisi kemudahan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan LiteSpeed web server. Pertama lebih mudah dipelajari karena formatnya masih sangat mirip seperti Apache, kemudian yang kedua dari sisi pengalaman pengguna LiteSpeed relatif lebih user friendly daripada Apache.

2. Tidak Perlu Peningkatan Dukungan Hardware

Keunggulan berikutnya dari menggunakan LiteSpeed adalah kebutuhan resource-nya yang bisa ditekan. Seperti kita ketahui, terdapat kaitan erat antara kebutuhan resource dengan dukungan hardware yang digunakan oleh sebuah website. 

3. Support Memadai

Jika kamu menggunakan LiteSpeed web server dan mengalami kendala, terdapat dua pilihan yang bisa digunakan untuk mencari solusi. 

Pertama melalui customer support dan yang kedua melalui dukungan komunitas LSWS yang bisa diakses melalui berbagai forum di internet. Jadi tidak perlu khawatir terkait dukungan support jika terjadi kendala teknis.

4. Kualitas Keamanan Lebih Baik

Security merupakan ancaman paling dasar untuk aset digital. Guna memperkuat sistem keamanan, LiteSpeed Web Server mendukung aturan Mod_security dan anti DDoS dari Apache. Fitur lain yang juga tidak kalah penting yakni bandwidth throttling untuk menghentikan upaya pengambilalihan akses melalui brute force attack.

Related

Internet 5952710227056757133

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item