Mengenang Internet Explorer, Web Browser yang Pernah Populer


Pada tahun 2021 silam, Microsoft memutuskan untuk menghentikan Microsoft Edge versi lama dan Internet Explorer sebagai web browser atau peramban web. Perusahaan milik Bill Gates ini memutuskan untuk menghentikan Internet Explorer secara total. Hal tersebut dilakukan mengingat pengguna internet sudah mulai meninggalkan Internet Explorer sejak lama. 

Microsoft pun memberhentikan pembaharuan keamanan dari Microsoft Edge versi lama. Sebagai gantinya, Microsoft mengembangkan Microsoft Edge berbasis Chromium. 

Sejarah Internet Explorer 

Tak dapat dipungkiri bahwa Internet Explorer telah menemani pengguna internet sejak akhir abad ke-20 hingga awal abad ke-21. Walaupun sudah banyak web browser yang lebih mendominasi, Internet Explorer tetap akan diingat sebagai web browser yang membantu segala aktivitas digital kita di masa awal kejayaan internet. 

Internet Explorer memulai perjalanannya pada tahun 1995. Teknologi ini menjadi salah satu web browser pertama yang digunakan oleh publik secara umum. Diawali dari Internet Explorer 1.0 atau versi pertama, Microsoft terus mengembangkan program dan fitur-fitur di dalamnya agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, seperti Opera, Mozilla Firefox, dan lainnya. 

Melihat penggunanya yang semakin berkurang, Microsoft pun mengakhiri Internet Explorer pada versi yang ke sebelas. Sebagai gantinya, Microsoft meluncurkan web browser baru yang dinamakan Microsoft Edge. Web browser ini dicanangkan sebagai versi kekinian dari Internet Explorer. 

Microsoft Edge berintegrasi dengan Cortana, sebuah asisten virtual yang ditanamkan dalam Windows Phone. Walaupun versi lama dari Microsoft Edge dihentikan, Microsoft mengembangkan versi baru dari Microsoft Edge yang dapat berkompetisi dengan berbagai web browser yang sangat canggih di masa sekarang. 

Laporan Forbes menyatakan, popularitas dari web browser Microsoft Edge versi baru telah melonjak sejak diluncurkan pada Januari tahun 2020. Web browser tersebut berhasil mencapai posisi nomor dua di belakang Google Chrome.

Related

Internet 3310818859226566565

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item