Metallica Sempat Malas Kerja Bareng Produser The Black Album


Sudah lama berlalu sejak Metallica meluncurkan album self-titled-nya. Personel band trash metal itu pun terkenang polemik yang muncul akibat campur tangan produser Bob Rock dalam rekaman berjuluk The Black Album tersebut.

Semula, Lars Ulrich sebagai salah satu pendiri Metallica dan kawan-kawan bandnya tidak setuju dengan keterlibatan Rock. Produser, engineer, sekaligus musisi ikonik asal Kanada itu diminta pihak label untuk meninjau penggarapan The Black Album pada 1991.

Dalam wawancaranya dengan surat kabar The Sun di Inggris, Ulrich yang merupakan drummer menjelaskan bahwa rekan-rekannya malas bekerja sama dengan Rock. Soalnya, band asal Amerika Serikat itu menganut prinsip antikemapanan.

"Begitu kami paham bahwa Bob justru mencoba membantu kami mencapai mimpi, polemik pun berakhir," kata Ulrich, dikutip dari Ace Showbiz. 

Menurut Ulrich, Rock menyampaikan masukannya mengenai The Black Album dengan sangat menyentuh. Penjelasan yang menyentuh hati itu membuat vokalis James Hetfield pun lebih berpikiran terbuka.

"Kami akhirnya menjadi teman baik, dan terus bekerja bersama selama 15 tahun," kata Ulrich.

Rock kemudian membantu Metallica memproduksi Load (1996), ReLoad (1997), cover LP Garage Inc. (1998), dan St. Anger (2003). Rock juga telah menghasilkan rekaman untuk Motley Crue, Bon Jovi, Aerosmith, dan David Lee Roth.

Rock rupanya memiliki sentimen yang sama dengan Lars. Ia mengingat betapa lirik Hetfield menjadi lebih dalam dan intens.

"Itu adalah perubahan yang cukup besar. Orang-orang ini, mereka lebih dalam. Lebih intens. Ada saat-saat ketika saya memikirkan lirik James. Saya berpikir, 'Orang ini bagus banget.' Dia intens. Dia dalam. Saya tidak tumbuh di Metallica. Saya hanya datang untuk membantu mereka dengan sebuah rekaman," kata Rock mengenang masa awalnya dengan Metallica.

The Black Album belakangan diterbitkan ulang. Ada 53 lagu bertabur bintang yang dirilis untuk menandai peringatan 30 tahun peluncuran Metallica.

Album kompilasi cover yang berjudul The Metallica Blacklist mencakup nyanyian dari artis berbagai genre. Miley Cyrus, Sam Fender, St. Vincent, Phoebe Bridgers, Dave Gahan, Chris Stapleton, Corey Taylor, dan Chase & Status turut menyumbang suara.

Related

Music 8078224074876613712

Recent

item