Penting, Ini Fungsi Voltmeter Pada Honda Vario dan ADV 150


Motor matik Honda seperti Vario dan ADV 150 kini dilengkapi dengan voltmeter, indikator yang menampilkan besaran tegangan listrik aki. 

Simbol indikatornya berupa angka yang ada gambar aki di sampingnya. Sesuai fungsinya, angka tadi menginformasikan voltase listrik yang tersedia di dalam aki, baik saat mesin dihidupkan atau dalam keadaan mati. 

Maka jangan heran jika nominalnya secara periodik berubah-ubah. Kadang-kadang 12 sampai 15 sesuai kapasitas tegangan aki. Sederhananya setiap angka tadi menandakan sesuatu, ujar Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno. 

"Ini merupakan indikator keadaan baterai, misal angkanya 12,3 menandakan mesin belum hidup dan belum mendapatkan pengisian," jelas Endro. 

Sesudah mesin dinyalakan, lama-lama angkanya berangsur naik, menandakan voltase aki bertambah. Ini karena aki tersambung dengan spul yang menghasilkan listrik saat mesin bekerja, kemudian menuju kiprok untuk mengecas aki dari arus AC (Alternating Current) ke DC (Direct Current). 

"Apabila mesin sudah hidup, maka indikator baterai (voltmeter), nilainya akan nambah, berarti pengisian baterai dalam keadaan baik, paling besar angkanya 14 sampai 15," tambah Endro. 

Lalu bagaimana jika sewaktu-waktu saat menyalakan kontak dan mendapati tegangannya di bawah 12 volt? Itu artinya ada kendala saat proses pengisian sewaktu mesin belum dimatikan. Bisa jadi juga tidak terjadi pengisian.
 
Dengan kata lain aki dalam kondisi tidak normal, selebihnya daya aki tersebut tak kuat untuk menghidupkan motor. Pertolongan pertamanya bisa ganti aki dengan yang baru. 

Mengapa demikian? Karena umumnya motor matik dengan voltmeter bawaan tidak dilengkapi dengan kick starter. Tengok saja buritan bagian kiri Honda ADV 150 atau Honda Vario 150 yang sudah keyless. Blok CVT-nya polos tanpa engkol. 

Maka dari itu, adanya voltmeter ini bukan sekadar hiasan, tetapi berguna memandu pengendara untuk mengetahui tegangan aki motornya. Artinya, ketika dikendarai dan voltasenya tidak normal, seperti di bawah 13 atau 12, mesin motor jangan dimatikan, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat.

Related

Automotive 7727712908674177729

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item