Viral, Ade Rai Beberkan 'Lingkaran Setan' Penyebab Perut Jadi Buncit


Perut buncit bukan hanya bikin nggak pede. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kronis seperti diabetes sampai penyakit jantung.

Binaragawan Ade Rai dalam sebuah video memaparkan penjelasan mengapa ada seseorang yang memiliki perut buncit. Mayoritas masyarakat mengonsumsi karbohidrat saat makan, yang menjadi salah satu faktor perut jadi buncit.

Kok bisa?

Ketika tubuh terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, maka kadar gula dalam darah menjadi naik. Ketika gula darah naik, pankreas akan merilis insulin, menyebabkan penimbunan kadar lemak dalam tubuh.

Saat insulin mengambil kelebihan gula darah, tidak jarang kondisi tersebut akan menyebabkan hyper insulin yang mengarah ke hipoglikemia. Hipoglikemia atau gula darah rendah merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar gula di dalam darah berada di bawah batas normal.

Jika kadar gula darah turun, tubuh akan stres sehingga melepaskan hormon kortisol. Hormon ini meningkatkan nafsu makan, terutama konsumsi makanan manis, tinggi kalori, dan tinggi lemak.

"Jadi kita hanya berputar, berkutat dalam lingkaran setan adalah aktivitas yang kita lakukan setiap hari tanpa kita sadari," tutur Ade Rai.

Ketika hasrat tersebut datang, maka siklusnya akan terus berputar dan menjadi penyebab perut buncit. Kortisol hadir dan gula darah akan naik dengan sendirinya.

Penyebab perut buncit

Tak hanya pola makan yang buruk, ada beberapa hal lain yang menyebabkan perut jadi membuncit. Malas olahraga juga menjadi masalah utama yang menjadi penyebab perut buncit.

Ketika asupan kalori tidak sebanding dengan aktivitas fisik, maka akan terjadi penumpukan sumber energi dalam bentuk lemak, termasuk di area perut.

Related

News 2816565916394322042

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item