10 Pemain Sepakbola Terbaik dari Papua


Papua tak pernah absen dalam mencetak pemain-pemain sepakbola profesional di tingkat nasional. Selalu menghadirkan bibit-bibit pesepakbola luar biasa dalam persepakbolaan tanah air. 

Dibekali dengan kemampuan alamiah, mereka tidak hanya mampu memberikan warna terhadap persepakbolaan, tetapi juga sumbangsihnya terhadap Tim Nasional (Timnas). Berikut sepuluh pesepakbola Papua terbaik yang bersinar di dunia sepakbola nasional dan internasional.

1. Boaz Solossa

Boaz Sollosa sudah tidak asing lagi di telinga pecinta sepakbola nasional. Ia sudah malang melintang di klub sepakbola nasional. Ia bermain di klub Persipura Jayapura, dan berposisi sebagai penyerang tengah maupun penyerang sayap.

Di liga Indonesia, Boaz Sollosa hampir dipastikan menjadi top scorer dengan raihan 20 gol, mengalahkan dominasi pemain asing. Boaz Solossa merupakan salah satu andalan Tim Nasional Indonesia di masanya. 

Ia terkenal dengan kemampuannya dalam mengontrol bola, tendangan kaki kiri yang keras, akurasi kaki kiri dan kaki kanan yang baik, kecepatan, visi penyerangan, dan naluri dalam mencetak gol. Ia juga dipasangkan dengan kakaknya, Ortizan Solossa, saat di lapangan hijau bersama Persipura Jayapura.

2. Titus Jhon Londouw Bonai

Titus Jhon Londouw Bonai atau Titus Bonai, ialah pesepakbola asal Papua yang bermain untuk klub Persipura Jayapura. 

Tibo, nama akrabnya, sempat dipanggil Tim Nasional Indonesia U-23 dalam pertandingan pra-olimpiade, dalam pertandingan melawan Turkmenistan pada 23 Februari 2011 silam, ia mencetak 1 gol walaupun harus menerima kekalahan. Ia merupakan salah satu pemain andalan dari Persipura Jayapura yang gemar menselebrasikan gol dengan tarian sajojo.

3. Ortizan Solossa 

Pesepakbola ini bernama lengkap Ortizan Bertilone Nusye Solossa, seorang pesepakbola profesional asal Papua. Ia bermain bersama adiknya, Boaz Solossa di klub Persipura Jayapura. Ia biasa bermain sebagai bek kiri. Di Tim Nasional Indonesia pun ia kerap dipasangkan bersama adiknya di sebelah kiri lapangan. 

Ia juga sudah malang melintang di klub-klub sepakbola nasional. Ia mengawali karirnya di PS Putra Yohan Sorong. Sejumlah klub besar nasional pernah ia hampiri, mulai dari PSM Makassar, Arema Indonesia, Persija Jakarta, dan belakangan bergabung dengan Persipura Jayapura.

4. Elie Aiboy

Elie Aiboy adalah pesepakbola bertalenta dari Papua yang memperkuat klub Semen Padang di ISL. Ia pun pernah memperkuat klub asal Malaysia, Selangor FC, pada tahun 2005-2006. Ia juga merupakan pemain di Tim Nasional Indonesia pada Piala Asia 2007, Elli mencetak satu gol untuk Indonesia saat kalah dengan Tim Nasional Arab Saudi. 

Pria dengan tinggi 170 cm ini berposisi sebagai gelandang. Karirnya dimulai dengan bergabung di klub PSB Bogor, dan lalu di Semen Padang. Bersama Semen Padang, Elie berhasil membawa Semen Padang menduduki peringkat runner up sementara di bawah Persipura Jayapura.

5. Erol FX Iba

Lahir di Jayapura, Erol FX Iba menjadi salah satu pemain sepakbola yang bersinar di dunia sepakbola nasional. Kini ia bermain untuk Persebaya Surabaya. Tahun 2001, ia memutuskan menjadi seorang mualaf dan menghilangkan kata FX di namanya. 

Erol Iba berposisi sebagai bek. Berbagai klub pun berminat mendatangkan Erol Iba, ia sempat diminati sebuah klub di Liga Australia, Newcastle Jets. Di Indonesia, Erol Iba sudah malang melintang di berbagai klub, mengawali karir di Semen Padang, PSPS Pekanbaru, Arema Indonesia, Persik Kediri, Pelita Jaya, hingga Persipura Jayapura pernah ia lakoni. 

Erol juga merupakan andalan Tim Nasional Indonesia di era kepelatihan Peter White, walaupun kini Erol jarang menjadi pilihan Timnas. 

6. Christian Warobay

Lahir di Serui, Kepulauan Yapen, Papua, Christian Warobay merupakan pemain bertalenta. Mengawali karir di PPLP Serui pada tahun 2000, menjadi tim PON Papua 2004, bergabung di Persipura Jayapura 2004-2006, Sriwijaya FC Palembang, dan kini bermain bersama Persidafon Dafonsoro. 

Ia pernah dipanggil di Tim Nasional Indonesia senior untuk bermain di Sea Games 2005. Warobay pernah mendapat gelar pemain terbaik di Liga Indonesia 2005.

7. Eduard Ivakdalam

Pesepakbola asal Merauke ini bermain di klub Persidafon Dafonsoro. Sebelumnya ia pernah membela klub Persipura Jayapura dan mempersembahkan tropi juara bersama Persipura Jayapura. 

Eduard pernah membawa Persidafon menembus babak semi final divisi utama Liga Indonesia, walaupun menerima kekelahan dari Persiba Bantul. Ia berposisi sebagai midliefer di Persidafon. Ia pernah berkarir di PS Merauke dan PS Maren Jayapura sebelumnya.

8. Ian Louis Kabes 

Ian Louis Kabes, lahir di Jayapura, adalah pesepakbola asal Papua yang bermain di Persipura Jayapura. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini mempersembahkan 6 gol di Liga Super Indonesia, dan 3 gol di musim sebelumnya. Bersama Persipura Jayapura, Ian Louis Kabes berhasil melaju ke babak 16 besar AFC Cup dengan permainan memukaunya.

9. Lukas Wellem Mandowen 

Lukas Wellem Mandowen bermain di Persipura Jayapura setelah bermain di Persipura U-21 selama 2 musim. Lukas merupakan top scorer Liga Super Indonesia U-21 musim 2009-2010. 

10. Oktavianus Maniani 

Oktavianus Maniani atau yang lebih dikenal dengan Okto Maniani, lahir di Papua. Di usianya yang masih muda, karirnya begitu bersinar setelah memperlihatkan permainan yang memukau saat ajang AFF Cup. Hampir setiap orang pasti mengenalnya. 

Ia bermain di klub Sriwijaya FC Palembang. Okto juga merupakan andalan Timnas Indonesia U-23 dengan 3 gol dalam 10 caps. Pemain ini dikenal dengan sikap indisiplinernya yang menyebabkan pencoretan namanya di skuat timnas Indonesia. 

Meski begitu, Okto disebut-sebut pesepakbola yang layak merumput di Eropa dengan kemampuannya yang di atas rata-rata.

Related

Sports 7406912582772873334

Recent

Hot in week

item