3 Obat Sakit Gigi yang Bisa Anda Peroleh dari Dokter atau Apotek


Sakit gigi bisa dialami siapa saja. Untuk meredakannya, ada sejumlah obat sakit gigi yang bisa Anda coba, baik yang berasal dari bahan alami atau obat-obatan medis. 

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi Anda. Sakit gigi umumnya menandakan adanya masalah dengan gigi atau gusi, misalnya masalah gigi berlubang, gigi patah, radang gusi, atau infeksi.

Obat Sakit Gigi Medis

Selain obat sakit gigi alami, ada juga obat sakit gigi medis yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter untuk mengobati sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa digunakan untuk obat sakit gigi. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peradangan, sehingga pembengkakan, rasa sakit, atau demam akibat sakit gigi dapat berkurang.

Dosis umum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 200 mg setiap 4–6 jam sekali. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu.

2. Naproxen

Naproxen juga merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti ibuprofen, naproxen bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa penyebab peradangan. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi dapat berkurang.

Karena efek penghilang rasa sakit naproxen lebih tahan lama daripada ibuprofen, Anda tidak perlu mengonsumsi naproxen sesering ibuprofen. Dosis umum naproxen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 220 mg setiap 8–12 jam sekali. Ingat, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat sakit gigi ini.

3. Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen juga merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi, terlebih jika Anda memiliki alergi pada 2 obat di atas.

Dosis umum konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1­–2 tablet 500 mg setiap 4–6 jam sekali. Anda bisa mengonsumsi paracetamol sebelum atau sesudah makan.

Beragam obat sakit gigi, baik yang alami maupun yang medis, bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri sebelum mendapatkan penanganan dari dokter gigi. Namun, jika menggunakan obat sakit gigi medis, patuhi dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasannya atau sesuai petunjuk dokter.

Obat sakit gigi di atas tidak dapat mengatasi masalah pada gigi Anda. Jadi, meskipun sakit gigi yang Anda rasakan sudah reda, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Related

Health 1775479127202709667

Recent

Hot in week

item