5 Bisnis yang Menjanjikan Keuntungan Besar di Bulan Puasa dan Idul Fitri


Pola konsumsi masyarakat Indonesia tergolong tinggi. Tidak heran jika konsumsi masyarakat menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Tingginya pola konsumsi masyarakat membuat roda perekonomian terus bergerak.

Pola konsumsi masyarakat cenderung meningkat saat bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Fenomena ini membuka kesempatan bagi para pebisnis musiman. Siapa saja yang jeli memanfaatkan momentum ini, bukan tidak mungkin bakal meraup untung besar. Asalkan jeli memilih produk yang tepat dan potensi pasar yang dituju.

Yang jelas, jika ingin menjaring pundi-pundi keuntungan saat Ramadan dan Idul Fitri, pola bisnis harus fokus pada kebutuhan masyarakat di bulan suci.

Jangan heran jika Anda menemukan banyak pebisnis atau pedagang musiman yang hanya bisa ditemukan saat bulan ramadan dan mendekati Idul Fitri. Umumnya, mereka memanfaatkan momentum tersebut untuk meraup untung. Tentu saja yang tidak boleh dikesampingkan adalah faktor promosi.

Kesuksesan bisnis di bulan Ramadan juga tidak lepas dari faktor promosi. Faktor ini penting diperhatikan. Sebab, persaingan bisnis di bulan Ramadan cukup ketat. Akan banyak pesaing yang menjalankan bisnis serupa.

Berikut bisnis-bisnis yang menjanjikan keuntungan besar di bulan Ramadan dan Idul Fitri, yang bisa Anda coba.

1. Makanan ringan

Salah satu bisnis musiman yang laris manis dan mendapat untung besar saat Ramadan dan Idul Fitri adalah bisnis makanan ringan. Jangan heran jika saat menjelang buka puasa, di pinggir jalan banyak ditemui penjual makanan atau hidangan untuk buka puasa. Semisal penjual kolak, es kelapa muda, kurma, gorengan, kue basah, kue kering, sop buah dan lainnya marak di jual di sepanjang jalan, atau disudut-sudut perumahan.

Mendekati hari raya Idul Fitri, bisnis ini semakin laris. Terutama makanan ringan yang banyak dihidangkan untuk tamu saat silaturahmi. Usaha kuliner saat bulan Ramadan hingga Lebaran sangat diminati.

2. Perlengkapan ibadah

Salah satu produk bisnis yang bakal diburu saat bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri adalah perlengkapan ibadah. Peralatan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, tasbih, Al Quran, buku keagamaan atau CD/VCD Islami banyak dicari.

3. Busana muslim

Busana terutama busana muslim, sepatu, aksesoris, tas dan pernik pribadi lainnya selalu diburu selama bulan Ramadan dan saat mempersiapkan diri menjelang hari raya Idul Fitri. Masyarakat di ibu kota banyak berburu busana musim di pasar Tanah Abang, Blok M, dan pusat perbelanjaan lainnya.

Pedagang busana muslim mengaku, omzet yang diperoleh saat Ramadan bisa melonjak hingga 80 persen. Keuntungan besar dari bisnis busana muslim sangat wajar mengingat pola konsumsi masyarakat yang cenderung menginginkan menggunakan baju baru saat Idul Fitri. 

4. Sewa kendaraan

Bisnis lain yang cukup diperkirakan bakal meraup untung besar saat menjelang Idul Fitri adalah bisnis penyewaan kendaraan. Masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan sendiri untuk pulang ke kampung halamannya, kemungkinan besar akan mencari jasa sewa kendaraan atau rental.

Setiap tahun, rental mobil selalu kebanjiran permintaan dari konsumen. Umumnya untuk kendaraan dengan kapasitas cukup besar.

5. Parcel

Bisnis parsel masih menjadi salah satu potensi bisnis yang menguntungkan saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Umumnya, konsumennya adalah kelompok masyarakat kelas menengah ke atas.

Namun, perlahan bisnis parcel sedikit lesu. Terlebih setelah muncul larangan pejabat negara dilarang untuk menerima parcel. Budaya mengirim parcel mulai memudar. Padahal, bisnis ini dulu selalu menjadi primadona.

Related

Business 1820747610976760737

Recent

item