Apa yang Akan Terjadi, Jika Pria Tidak Pernah Ejakulasi dalam 1 Bulan?


Sebenarnya, apakah ada aturan pria perlu ejakulasi berapa kali dalam satu bulan? Jika dilansir dari Healthline, sebenarnya tidak ada. Bisa saja, dalam satu bulan pria ejakulasi satu kali, lima kali, atau bahkan 21 kali!

Namun bagaimana dengan pria yang dalam satu bulan tidak pernah ejakulasi, apakah hal ini termasuk sehat? Bagaimana dengan kualitas sperma jika terus ditumpuk seperti itu? Mari kita bahas satu-satu dalam artikel ini.

1. Bagaimana proses ejakulasi itu terjadi?

Pria bisa ejakulasi tentu tidak melalui proses yang sederhana. Dan jika dijabarkan, kurang lebih begini anatomi tubuh yang terjadi selama proses ejakulasi:

Pertama, perlu adanya stimulasi seksual, baik secara visual atau secara fisik. Stimulasi ini mengirim sinyal melalui saraf ke sumsum tulang belakang dan otak. Stimulasi ini berlanjut sampai pria mencapai fase orgasme.

Testis kemudian mengeluarkan sperma dan memindahkannya ke uretra di bagian bawah penis. Kelenjar prostat kemudian memproduksi cairan, agar sperma lebih mudah bergerak dan terdorong keluar.

Pada akhirnya, otot-otot di bagian bawah penis mendorong keluarnya sperma, dan terjadilah ejakulasi.

Dalam satu sesi, sangat mungkin sekali pria bisa mengalami sampai lima kali ejakulasi. Itu semua tergantung pada kesehatan tubuhnya. Namun seberapa banyak yang dikeluarkan, tubuh tidak akan pernah kehabisan sperma. Tubuh akan terus memproduksi sperma yang disimpan di testis. Proses ini dinamakan spermatogenesis. Dalam satu detik, kurang lebih ada 1.500 sperma yang dihasilkan. Coba bayangkan kalau satu hari, ada berapa banyak itu?

2. Beberapa faktor yang bisa memengaruhi ejakulasi

Pada dasarnya, pria ejakulasi terus setiap hari tanpa perlu merasa sakit. Namun, dilansir dari Healthline, ada beberapa faktor yang akan memengaruhi ejakulasi, berikut di antaranya:

Usia: Seiring bertambahnya usia, akan diperlukan waktu lebih lama agar bisa ejakulasi. Usia 20-40 tahun adalah masa terbaik pria dalam dunia seksualnya.

Makanan: Pilihan makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral dapat membuat ejakulasi terjadi lebih mudah. Berbeda jika hanya mengonsumsi makanan cepat saji.

Kesehatan fisik: Tekanan darah dan kolesterol yang berada di batas normal, membuat ejakulasi terjadi lebih cepat. Karena itu ada baiknya berolah raga 20-30 menit sehari agar tubuh tetap sehat.

Kesehatan mental: Stres, gelisah, depresi, dan mental yang buruk lainnya bisa memengaruhi terjadinya ejakulasi. Uniknya, semakin stres karena tidak keluar, justru malah membuat ejakulasi tidak akan terjadi.

3. Bahayakah jika dalam satu bulan pria tidak mengalami ejakulasi?

Sebuah penelitian berjudul "Ejaculation Frequency and Risk of Prostate Cancer" menyebutkan, jika pria jarang ejakulasi di masa terbaiknya (usia 20 sampai 40 tahun), akan lebih mungkin terkena penyakit kanker prostat. Penelitian ini dilakukan selama 1992-2010, dengan partisipasi sebanyak 32.000 pria.

Namun Healthline membantah pernyataan penelitian ini. Karena dari awal, penelitian ini tidak dilakukan dalam lab yang dikontrol oleh para peneliti. Sedangkan untuk hal seperti ini, orang dapat dengan mudah lupa berapa kali dalam satu bulan bisa ejakulasi. 

Dalam penelitian yang berjudul "Revisiting The Relationship between The Ejaculatory Abstinence Period and Semen Characteristics", tidak ditemukan korelasi antara ejakulasi pria dengan kanker prostat. Selain itu, juga tidak ditemukan korelasi antara sering ejakulasi dengan kualitas sperma.

Lebih lanjut lagi, di tahun 2003, dilansir dari NCBI, lebih dari 1.000 pria yang terdiagnosa kanker prostat ditanyakan seberapa sering mereka ejakulasi. Namun banyak dari mereka yang tidak bisa menjawab seberapa sering dalam satu bulan dan seberapa banyak pasangan mereka.

Jadi jika disimpulkan, tidak ada hubungan antara kanker prostat dan seberapa sering pria ejakulasi. Penyebab kanker prostat di antaranya karena pola makan tak sehat, gaya hidup tak sehat, obesitas, menderita penyakit seksual, dan ada turunan keluarga yang juga pernah menderita kanker prostat.

4. Yang terjadi pada sperma jika tidak dilepaskan

Jangan khawatir, sperma tidak akan busuk jika tidak dikeluarkan, atau tidak ejakulasi. Yang terjadi, sperma akan kembali diserap oleh tubuh. Kemungkinan besar, sperma akan dikeluarkan pada saat-saat tertentu, seperti saat pria mengalami mimpi basah.

Mimpi basah bukan saja identik dengan usia remaja. Tapi pria di umur berapa pun tetap bisa mengalami mimpi basah. Perlu diingat, tidak ejakulasi juga tidak akan memengaruhi fungsi seksual, kesuburan, atau pun hasrat seks pria. Jadi kalau pria tidak ejakulasi dalam satu bulan, sebenarnya aman-aman saja.

Jadi, tidak ada bahayanya saat satu bulan tidak mengalami ejakulasi. Itu semua hal yang normal. Menghindari ejakulasi bukan berarti tidak sehat. Yang perlu diingat, kesehatan tubuh itu nomor satu. Jadi untuk menghindari berbagai macam penyakit, lebih baik berolahragalah dan konsumsi makanan yang sehat.

Related

Sexology 6461075265709145150

Recent

item