Cara Jitu Menghindari Hedonic Treadmill dan Kebiasaan Konsumtif


Hedonic treadmill adalah fenomena saat level kepuasan hidup kita tidak pernah naik, meski level penghasilan sudah naik berlipat. Kenapa begitu? Karena ekspektasi dan gaya hidup kita ikut naik, sejalan dengan kenaikan penghasilan yang terjadi.

Lalu harus bagaimana? Apa yang kudu dilakoni agar kita bisa terhindar dari jebakan hedonic treadmill yang diam-diam akan selalu menggerogoti penghasilan kita? Berikut langkah praktikal yang layak dijalani demi masa depan finansial yang lebih sehat.

Terapkan Metode Auto Debet untuk Investasi

Dalam hedonic treadmill, ekspektasi dan godaan nafsu untuk membeli aneka benda materi acapkali terus membayang – apalagi saat tanggal gajian atau saat menerima rezeki bonus atau insentif lainnya.

Tanpa disiplin diri, acapkali kita kalah dengan nafsu konsumtif dan dorongan untuk membeli aneka keinginan. Apalagi sekarang juga makin marak layanan mobile banking dan digital payment. Hanya dengan tap tap dan klik, kita bisa dengan mudah membeli aneka barang dan makanan.

Keasyikan berbelanja online dan menggunakan uang digital semacam itu kadang membuat kita keasyikan. Tahu-tahu saldo sudah habis saja. Padahal tanggal gajian masih lama akan datang lagi.

Itulah kenapa kita perlu menerapkan sistem auto debet. Jadi dalam sistem ini, Anda sudah memilih produk instrumen investasi tertentu yang Anda inginkan, misal berupa produk reksadana, saham, emas, dinar, deposito, atau yang lainnya.

Anda kemudian bisa menggunakan fitur auto debet untuk rutin membeli produk investasi tersebut secara otomatis tiap bulan. Nilainya bisa Anda tentukan terlebih dahulu. Dengan fitur ini, maka secara otomatis tiap bulan rekening tabungan Anda akan dipotong untuk dialokasikan buat membeli produk investasi yang sudah Anda pilih.

Sejumlah studi tentang perilaku keuangan menunjukkan, fitur autodebet adalah salah satu inovasi simpel dan terbaik, dalam mendorong level disiplin seseorang untuk melakukan proses investasi. Sebab dengan fitur ini, Anda tidak lagi pusing mikir mau investasi kemana tiap bulannya. Anda juga tidak mesti ribet transfer tiap bulan secara manual – yang sering lupa karena aneka kesibukan.

Yang tidak kalah penting, dengan fitur auto debet maka tiap bulan Anda secara pasti sudah mengalokasikan dana tertentu untuk keperluan investasi yang produktif. Dengan demikian, jatahnya sudah sejak awal disiapkan. Anda seolah dipaksa untuk mengalokasikan dana tertentu demi kepentingan yang produktif tiap bulannya.

Cara untuk melakukan auto debet adalah Anda tentukan dulu produk investasi apa yang ingin Anda lakukan tiap bulannya. Anda bisa berkonsultasi dengan bank dimana Anda menabung. Kini makin banyak bank yang memiliki layanan penjualan aneka produk investasi dan juga menyediakan fitur auto debet.

Setelah mempelajari informasi dari CS bank, Anda bisa menentukan produk investasi apa yang ingin Anda mulai tumbuhkan, dan berapa dana yang akan Anda alokasikan tiap bulan dalam fitur auto debet.

Seperti yang telah ditulis di depan, bahaya laten hedonic treadmill amat kuat mempengaruhi kondisi psikologis kita sebagai manusia (yang lemah dan sering khilaf). Sistem auto debet investasi adalah salah satu jenis pertahanan terbaik untuk menahan serbuan bahaya laten itu.

Dengan sejak awal menetapkan dana tetentu untuk keperluan investasi masa depan, Anda akan terhindar dari jebakan nafsu hedonis yang terus menggoda. Sebuah jebakan konsumtif yang acap membuat kita membelanjakan uang dalam jumlah banyak, tapi tak meninggalkan jejak yang bermakna.

Related

Inspiration 2938086166042925780

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item