Inilah Trik Psikologis Sederhana yang Memiliki Dampak Besar

Inilah Trik Psikologis Sederhana yang Memiliki Dampak Besar

Konon, professional-chef di restoran ternama tidak akan mulai memasak sebelum semua bahan baku disiapkan dengan rapi tanpa kecuali.

Ternyata, ini adalah ritual yang disebut 'Mise en Place'. Sebuah frasa dari bahasa Prancis yang artinya 'mempersiapkan pada tempatnya' atau 'mengumpulkan'.

Di dapur profesional, frasa ini dianggap sebagai kata kerja yang maknanya 'sebuah kondisi pikiran'. Intinya ialah kesiapsiagaan untuk mengatur lingkungan agar pekerjaan jadi lebih mudah.

Lalu, bagaimana Mise en Place dapat berguna untuk aktivitas sehari-hari? Psikolog di telah mempraktikkannya ke berbagai hal di luar urusan perdapuran.

Mise en Place menjelaskan bahwa lingkungan yang sengaja diatur dapat memengaruhi pikiran untuk melaksanakan kegiatan sesuai yang diharapkan.

Taman bermain yang disiapkan dengan permainan tertentu dapat mendorong Anak untuk lebih aktif bermain dan belajar (guided play).

Menyiapkan perlengkapan olahraga sebelum tidur memperbesar peluang untuk berolahraga di pagi harinya.

Dan masih banyak lagi!

Ternyata, selain 'Just Do It!', ada yang tak kalah penting, yaitu 'Go Prepare It!'.

Related

Psychology 8232067441682940538

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item