Jangan Ditinggalkan, Makan Sahur Memiliki Sederet Manfaat


Bulan Ramadan di depan mata, dan salah satu aktivitas yang rutin dilaksanakan adalah sahur pada waktu dini hari.

Selain merupakan rangkaian dalam kegiatan puasa Ramadan, sahur memberikan sejumlah manfaat yang besar bagi tubuh.

Pentingnya Sahur

Hal ini sebagaimana diriwayatkan Anas bin Malik dalam sebuah hadis. Nabi Muhammad bersabda, "Makan sahurlah kalian, karena dalam makan sahur terdapat keberkahan." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Oleh sebab itu, meskipun sunnah, makan sahur memiliki banyak manfaat dan keberkahan. Berikut manfaat dan keutamaan sahur.

Memperkuat fisik saat berpuasa

Sahur menjadi waktu tubuh memperoleh sumber energi untuk melakukan aktivitas dan ibadah saat berpuasa. Hal ini karena saat berpuasa, seorang muslim hanya bisa makan dan minum dalam kurun waktu berbuka hingga imsak.

Sebagaimana dilansir dari ppid.serangkota.go.id, sahur dapat menjaga kesehatan lambung dan usus. Saat sahur, lambung mendapat pasokan isi dan menurunkan asam lambung setelah selama berpuasa lambung kosong dalam waktu lama sehingga menyebabkan penyakit maag.

Menjaga berat badan

Melansir dari dinkes.kukarkab.go.id, ketika berpuasa, tubuh mencari sumber energi pada tubuh agar bisa melakukan aktivitas, melalui pemecahan lemak dan protein dalam tubuh.

Sahur membantu badan tetap seimbang karena tubuh tidak melakukan penurunan berat badan berlebih saat berpuasa. Sahur juga bisa mengurangi rasa lapar di siang hari, terlebih menu sahur berupa karbohidrat kompleks seperti kentang.

Dapat salat subuh berjamaah

Sebaiknya setelah sahur disarankan untuk tidak kemudian tidur dengan menunggu waktu salat subuh. Selama rentang waktu tersebut, seseorang dapat tetap terjaga dengan menjawab azan subuh dan salat berjamaah. Dengan salat berjamaah akan memperoleh kebaikan berlipat ganda dan memeroleh jaminan keselamatan.

Mendapat doa dari malaikat

Selain mendapat manfaat secara fisik, sahur bisa mendatangkan keuntungan secara spiritual. Seseorang yang menjalankan sahur tidak hanya mendapatkan pahala karena melakukan perintah Allah, tetapi juga para malaikat diyakini akan bershalawat dan mendoakan orang-orang yang makan sahur.

Related

Moslem World 2160492097649292126

Recent

Hot in week

item