Kelelahan Saat Mudik, Begini Tips Agar Tidur Nyenyak di Kendaraan


Mudik merupakan kegiatan yang akan menghabiskan banyak waktu di jalanan, terlebih kondisi lalu lintas juga akan sangat padat mengingat banyaknya masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman. Apalagi saat membawa mobil pribadi, biasanya pengemudi akan merasa kelelahan dan membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Saat mengendarai mobil pribadi untuk mudik Lebaran, pemudik wajib beristirahat setiap 6 jam melakukan perjalanan. Berbeda dengan mudik menggunakan angkutan umum, pemudik bisa memanfaatkan waktu di perjalanan untuk beristirahat sembari menunggu tiba di tujuan.

Hanya saja, istirahat di kendaraan umum atau mobil pribadi tidak sama dengan ketika mau tidur di kamar. Agar tidur di perjalanan saat mudik Lebaran lebih nyaman dan nyenyak, ini dia tips-tipsnya:

1. Pilih posisi duduk dekat jendela

Posisi ini strategi, membuat pemudik bisa bersandar ke samping sehingga badan tak terlalu lelah.

2. Siapkan bantal leher

Bantal leher bisa membantu mencegah kepala menunduk untuk waktu yang lama dan akhirnya menimbulkan sakit di tengkuk.

3. Hindari posisi yang bisa membuat tidur jadi tidak nyaman

Jika duduk di mobil atau bus, hindari duduk di dekat atau atas lokasi ban karena bisa membuat guncangan lebih terasa. Bagi yang sensitif malah akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

4. Gunakan penutup mata

Penutup mata tidak melulu harus eye mask, bisa juga jaket atau scarf. Ini bisa menghalangi cahaya yang bergerak di atas mata dan bisa mengganggu tidur.

5. Amankan barang berharga

Mudik menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta bisa jadi sasaran empuk pelaku kejahatan. Agar tidak jadi korban, amankan barang berharga di tempat yang sulit dijangkau orang lain.

6. Matikan paket data selama perjalanan

Dengan mematikan paket data, tidurmu jadi tidak terganggu oleh banyak notifikasi yang masuk. Cara ini juga bisa membuat baterai gadgetmu lebih tahan lama.

Related

Tips 4912000328129787863

Recent

item