Kisah dan Kontroversi 5 Penjelajah Waktu yang Terekam Kamera


Naviri Magazine - Kemungkinan menjelajah waktu adalah salah satu hal yang banyak dikhayalkan orang. Tentu akan sangat menyenangkan kalau kita bisa kembali ke masa lalu, saat kita masih kecil, atau pergi ke masa depan dan melihat nasib kita di kehidupan mendatang. 

Topik semacam itu pun kerap diangkat dalam film sains fiksi, dan membuat sebagian orang makin yakin kalau manusia kelak akan benar-benar bisa menjelajahi waktu. 

Terkait hal itu, ada rekaman-rekaman tertentu yang sempat menimbulkan kehebohan dan kontroversi, karena memperlihatkan orang-orang yang tampaknya merupakan time traveler atau penjelajah waktu. 

Dugaan itu muncul, karena orang-orang tersebut mengenakan atau memegang sesuatu yang sebenarnya tidak/belum ada di zaman itu. Karenanya, orang-orang pun mengira sosok-sosok tersebut datang dari masa depan, yang lalu kebetulan terekam dalam foto di zaman dulu.

Berikut ini adalah lima kasus rekaman yang menghebohkan banyak orang, karena dikira memperlihatkan seorang penjelajah waktu, serta keterangan yang menjelaskan sosok-sosok misterius tersebut. 

Orang di Jembatan South Fork (1940)

Foto terkait hal ini semula tersimpan di website 'Virtual Museum of Canada', atau penyimpanan online sejarah dan budaya Kanada. Dalam foto, terlihat seseorang secara tidak sengaja terjepret kamera dalam acara pembukaan kembali South Fork Bridge (Jembatan South Fork) pada awal tahun 1940-an di Gold Bridge, B.C., Kanada.

Menurut banyak pihak, pada tahun tersebut hampir tidak ada orang yang keluar rumah hanya menggunakan kaos, jaket, dan kacamata hitam. Dan yang paling menonjol, orang tersebut memegang kamera portabel, yang jelas terlalu modern untuk ukuran tahun 1940-an.

Ternyata, pakaian yang terlihat modern di foto tersebut telah ada dan dapat ditemukan sejak 1940-an. Sementara kacamata yang digunakan sebenarnya sudah ada pada tahun 1920-an, dan kamera portable yang dipegang sebenarnya jenis kamera kodak lipat yang telah ada pada awal abad ke-20.

Orang di film Charlie Chaplin (1920)

Pada sebuah DVD bonus dari film Charlie Chaplin berjudul 'The Circus', terdapat sebuah gambar suasana di luar gedung bioskop Grauman’s Chinese Theatre, ketika pemutaran perdana film 'The Circus' ditayangkan pada 1928.

Dalam video tersebut terlihat wanita yang sedang berbicara dengan tangan menggengam sesuatu, dan didekatkan ke telingannya. Yang aneh, video tersebut direkam pada tahun 1928. Bagaimana bisa orang memegang ponsel pada tahun tersebut?

Namun, menurut pakar sejarah, Phillip Skroska, benda yang dikenakan wanita tersebut kemungkinan adalah alat bantu pendengaran. Pada abad 19, alat semacam itu masih dibuat dalam jumlah banyak, dan terus diproduksi hingga awal abad 20.

Perempuan dengan benda aneh (1938)

Dalam rekaman terlihat seorang perempuan mengenakan gaun bergaya era 1930-an, berjalan di kerumunan, bersama orang-orang yang memakai pakaian dengan mode serupa. Rekaman itu diambil di sebuah pabrik milik raksasa industri AS, Dupont, di tahun 1938.

Wanita itu terlihat bicara sendiri, tangan kanannya terangkat, sebuah benda menempel di telinganya. Saat ia menurunkan tangan, terlihat jelas perangkat yang ia gunakan memiliki ukuran dan bentuk mirip ponsel era modern. 

Namun, misteri itu terpecahkan, setelah seorang pengguna YouTube muncul dan menjelaskan, perempuan dalam rekaman tersebut adalah nenek buyutnya. Menurutnya, wanita itu bukan time traveler. Dan alat yang dipakainya memang telepon seluler, namun masih prototipe yang sedang dikembangkan oleh pabrik alat komunikasi di Leominster, Massachusetts.

Orang dari masa depan (2042)

Seorang pria dari Swedia, bernama Hakan Nordkvist, mengaku bahwa dia telah melakukan perjalanan lintas waktu. Pada saat itu, tahun 2006, ia merekam sebuah video singkat yang memperlihatkan kunjungan dirinya yang datang dari masa depan, tahun 2042.

Hakan Nordkvist juga menunjukkan gambar tato di pergelangan tangan sebelah kanan, untuk meyakinkan bahwa dia adalah orang yang sama, yang berasal dari tahun 2006 dan tahun 2042.

Namun, banyak orang yang melihat adanya perbedaan. Rekaman ini ternyata bagian dari kampanye pemasaran (iklan) untuk sebuah perusahaan dana pensiun Swedia, bernama AMF pension. Mereka membuat film ini dan menayangkannya di website, dengan tujuan membuat orang-orang muda berpikir mengenai masa depan.

Orang di pertarungan Mike Tyson (1995)

Dalam rekaman pertarungan Mike Tyson melawan Peter McNeeley pada 1995, tampak ada seorang penonton yang membawa smartphone menggunakan kamera. Padahal, pada 1995 belum ada telepon seluler yang dilengkapi kamera.

Penonton misterius itu seperti sedang merekam pertarungan tersebut. Padahal, ponsel berkamera baru dijual lima tahun kemudian, pada tahun 2000. Konsep telepon genggam yang bisa mengambil foto dan video hanya menjadi "isapan jempol" belaka pada waktu itu.

Tetapi, menurut Daily Mail, sosok tersebut bukan time traveller, dan benda berwarna putih itu merupakan kamera tustel yang diluncurkan Casio sekitar awal 1990. Kebetulan bentuknya seperti smartphone, dioperasikan secara vertikal, serta memiliki lensa kamera di pojok kiri atas.

Related

Mistery 2518835746826308806

Recent

item