Mengapa Kurma Disukai Saat Ramadhan? Ini Asal Usulnya


Ramadhan, bulan kesembilan Islam, merupakan bulan untuk refleksi diri dan bulan untuk berpuasa. Puasa Ramadhan dimulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Kalender Islam berisi lebih sedikit hari daripada kalender matahari, Ramadhan dimulai pada hari yang berbeda setiap tahun.   

Muslim percaya bahwa Nabi Muhammad menerima wahyu dalam bentuk Al-Qur'an, kitab suci bagi umat Islam, selama Ramadhan. Oleh karena itu, Muslim harus menahan diri dari makan, minum, merokok, dan segala perilaku asusila, dari matahari terbit hingga matahari terbenam selama sebulan penuh. 

Salah satu makanan khas Ramadhan adalah kurma. Muslim Aid mencatat bahwa kurma dikatakan sebagai salah satu makanan favorit Nabi Muhammad, dan telah menjadi pilihan muslim untuk berbuka puasa selama Ramadhan dan sepanjang tahun.

Kurma sebagai makanan sederhana dianggap oleh banyak Muslim sebagai bagian dari makanan yang diberkahi, dikonsumsi sepanjang tahun, tetapi terutama selama Ramadhan sebagai sunah, yang merupakan adopsi praktik dan cara hidup Nabi Muhammad. 

Sebagaimana Nabi menikmati berbuka puasa dengan kurma, begitu juga banyak muslim. Mungkin ada alasan tambahan mengapa buah manis populer selama Ramadhan.

Setelah seharian tidak makan dan minum selama Ramadhan, umat Islam yang menjalankan bulan suci berbuka puasa dengan makanan yang disebut ifthar. Makanan ini secara tradisional menampilkan kurma, buah yang disukai oleh Nabi Muhammad dan disebutkan dalam Al qur'an beberapa kali. Selain hubungannya dengan agama Islam, kurma memiliki nilai gizi yang menjadikannya makanan yang ideal untuk dimakan saat perut kosong.

Saat berpuasa, kadar gula darah turun, sakit kepala muncul, dan energi berkurang. Kurma tinggi gula dan mudah dicerna, menjadikannya buah yang ideal untuk energi tubuh yang terkuras, untuk mendapatkan dorongan energi yang cepat. 

Kurma  memiliki 40 jenis, juga mengandung banyak serat, magnesium, potasium, dan zat besi yang memberikan nutrisi penting dan sangat mengenyangkan. 

Dari sekian banyak jenis kurma yang menghiasi meja berbuka puasa, kurma Ajwa sering disukai karena teksturnya yang lembut dan melimpah di Timur Tengah.

Related

Moslem World 875203549290677499

Recent

item