Mengenal Bitrex, Zat Paling Pahit di Dunia


Naviri Magazine - Ada banyak zat yang memiliki rasa pahit di dunia, dari jamu, pil, dan lain-lain. Namun, dari semua yang pahit, zat apakah yang paling pahit di dunia? Jawabannya adalah bitrex.

Bitrex adalah zat paling pahit di dunia, dan telah mendapatkan penghargaan dari Guiness Book of World Records sebagai zat paling pahit yang dapat ditemukan manusia. Nama ilmiahnya Denatonium benzonate. 

Sebegitu pahit zat ini, jika kita teteskan seujung jari saja ke kolam renang Olimpiade yang airnya sebanyak 2,5 juta liter, kita masih bisa merasakan pahitnya zat tersebut di air kolam.

Bitrex ditemukan oleh perusahaan obat-obatan bernama Macfarlan Smith, tahun 1958, saat sedang melakukan riset anestetik. Militer Amerika pernah melaporkan bahwa zat ini bisa digunakan dalam perang kimia untuk membuat makanan musuh tidak bisa dimakan. 

Walaupun pahit banget, zat ini ternyata masih digunakan di 60 negara sampai saat ini. Bahkan, di negara kita, Bitrex juga sudah digunakan. Kalau kita kunjungi website-nya, bitrex ternyata juga diperjualbelikan ke industri manufaktur dan retail.

Apa Kegunaannya?

Sekarang kita sudah tahu bitrex itu seperti apa. Pertama, pahit banget. Kedua, ternyata zat ini dipakai dan diperjualbelikan, bahkan ada website resminya. Ternyata, bitrex juga ada manfaatnya. Manfaat yang paling utama dari bitrex adalah untuk menghindarkan zat berbahaya dari manusia, terutama anak-anak dan hewan. 

Maksudnya bagaimana? Dengan rasanya yang sangat pahit, bitrex akan dicampurkan ke bahan atau zat berbahaya atau beracun, sehingga ketika bahan berbahaya tersebut masuk ke mulut, efek pahit Bitrex akan membuat si peminum akan reflex memuntahkan zat berbahaya tersebut, sehingga tidak sampai tertelan.

Itulah kenapa, benda-benda di sekitar kita (khususnya yang berbahaya) jika masuk ke tubuh rasanya akan pahit, seperti sabun, parfum, semprotan antiserangga, cairan pembersih dan sebagainya. Bitrex juga tidak berbahaya, hanya rasanya saja yang pahit, sehingga tidak membahayakan jika masuk ke tubuh manusia atau hewan. 

Di tahun 1980an, kasus keracunan bahan beracun menjadi masalah besar yang dihadapi manusia, sebuah dilema karena bahan-bahan tersebut mempunyai manfaat tertentu untuk manusia, tetapi membahayakan jika masuk ke tubuh. Bitrex ini menjadi solusi untuk problem tersebut. 

Di Amerika, Bitrex mulai mendapat perhatian saat dikenalkan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Lynn Tylczak pada tahun 1986. Saat itu, ibu 2 anak ini sedang menonton televisi, kemudian mendengar berita di TV bahwa perusahaan di Inggris telah menggunakan Bitrex untuk menghindarkan anak-anak dari racun yang berbahaya. 

Dia kemudian mulai menulis dan melakukan kampanye untuk memperkenalkan bitrex dan manfaatnya, sebagai pencegah keracunan bahan berbahaya.

Sampai saat ini, setidaknya ada 13 macam kebutuhan rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari yang telah menggunakan bitrex. Mulai dari detergen, pembersih toilet, sampai pembersih kaca mobil.

Related

Science 6346746134921295482

Recent

item