Mengenal Incest, dan Alasan Hubungan Ini Dilarang Serta Ditabukan


Meski hubungan incest (hubungan seksual yang terjadi pada pasangan yang memiliki hubungan darah) telah terjadi sejak zaman dahulu kala, namun sampai kehidupan modern masyarakat umumnya masih menggap hal ini tabu.

Masyarakat bertambah ‘jijik’ jika incest terjadi karena adanya hubungan cinta di antara keduanya. Masyarakat barat maupun timur sepertinya mempunyai kesamaan sikap soal ini.

Sejumlah negara mengkategorikan incest sebagai kejahatan pidana, dan pelakunya mendapat hukuman. Di Amerika misalnya, incest dinyatakan ilegal dengan hukuman bervariasi di tiap negara bagian. Massachusetts adalah negara bagian paling keras hukumannya, yakni mencapai 20 tahun penjara, sedang di Hawai hanya 5 tahun. 

Yang pasti, incest adalah kejahatan pidana yang berlaku di seluruh USA, hanya lama hukumannya yang berbeda. Sedang di Inggris, hukumannya adalah 12 tahun penjara.

Tapi ada juga negara yang ‘bebas’, seperti Perancis misalnya. Di sana, incest bukan kejahatan. Tak heran kalau para pelaku incest lebih suka ‘lari’ ke negara itu.

Selama berabad-abad, incest menjadi masalah social dan dianggap tabu oleh masyarakat umum. Namun ini tak menghentikan terjadinya incest. Bahkan hingga kini, di daerah-daerah tertentu masih berlangsung. Contoh paling jelas mungkin bisa dilihat pada kehidupan di pulau Tristan de Cunha, pulau terisolir yang masih masuk wilayah inggris.

Di sana, kawin antara saudara adalah hal biasa, karena selain lokasi pulau yang sangat terisolir dan sulit diakses orang luar, juga adanya larangan keras bagi pendatang untuk tinggal di pulau itu.

Tak heran kalau di pulau yang berpenduduk 270 jiwa itu banyak dijumpai kasus kelainan genetik, juga cacat pada bayi yang lahir.

Pada abad ke-19, kasus incest banyak terjadi pada masyarakat miskin di Irlandia. Sementara di masa lalu, di kalangan bangsawan Eropa, pernikahan antara saudara sepupu dekat dianggap legal, dan menjadi alasan memperkuat dinasti. 

Konon, penyair terkenal, Byron, telah tidur dengan adiknya, Augusta Leigh. Begitu juga dengan Duke of Cumberland yang berhubungan cinta dengan adiknya, Sophia.

Bahkan Napoleon, dari rumor masa lalu, juga pernah meniduri adiknya, keponakannya, bahkan anak tirinya. Sebenarnya ada banyak contoh incest di masa lalu dan melibatkan tokoh-tokoh terkenal masa itu.

Dalam ilmu psikologi disebut “Genetic Sexual Attraction”. Ini bukan fenomena yang langka, bahkan para ahli mengatakan ini sebenarnya merupakan hal yang lazim. Namun banyak negara masih menganggap hal ini suatu kejahatan. Dan masyarakat menganggapnya immoral.

Related

Sexology 4351068046588452518

Recent

item