Mengenal Penyakit Klamidia dan Gejalanya Pada Pria/Wanita

Mengenal Penyakit Klamidia dan Gejalanya Pada Pria/Wanita

Klamidia atau chlamydia adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini menginfeksi pria maupun wanita melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi bakteri tersebut. 

Penyakit ini memiliki gejala yang ringan, bahkan kadang tidak disadari oleh penderitanya, namun komplikasi yang serius dapat menyebabkan kerusakan permanen dan infertilitas.

Gejala klamidia adalah keputihan yang abnormal, terasa nyeri seperti terbakar ketika berkemih, rasa nyeri pada perut bagian bawah, nyeri punggung bawah, mual, demam, sakit ketika berhubungan seksual, dan lain sebagainya. Jika pada pria, gejalanya adalah cairan yang berlebihan pada penis, perasaan terbakar dan gatal pada sekitar permukaan penis.

Cara terbaik agar terhindar dari bakteri Chlamydia adalah menjauhkan diri dari kontak seksual yang terinfeksi bakteri tersebut, menjalankan hubungan yang sehat dengan pasangan yang tidak terinfeksi, serta menjauhkan diri dari pergaulan yang mengarah kepada seks bebas.

Related

Health 6717079923950315198

Recent

item