Mengenal Penyakit Kutu Kelamin dan Cara Pencegahannya


Kutu kelamin dan kudis disebabkan parasit yang hidup di organ genital. Kutu kelamin adalah parasit yang hidup di rambut kemaluan, ukurannya sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan, tetapi mereka kadang-kadang dapat ditemukan pada rambut tubuh lainnya, seperti rambut di kaki, ketiak, kumis, jenggot, alis, atau bulu mata.

Kutu yang ditemukan di kepala umumnya kutu kepala, bukan kutu kemaluan. Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin. Pencegahan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan area genital, dan tidak melakukan seks bebas. 

Sedangkan kudis (scabies) adalah sejenis tungau yang bersembunyi di dalam kulit di daerah kelamin, tangan, jari-jari dan rambut dada. Penyakit ini umumnya diperoleh dari kontak seksual atau kontak fisik dengan orang lain yang terdapat kutu atau kudis di kelaminnya. 

Kutu kelamin dan kudis juga bisa berada di tempat tidur, pakaian, kursi toilet dan handuk yang terinfeksi. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan gaya hidup higienis adalah cara penting agar terhindar dari kutu kelamin dan kudis (scabies).

Related

Health 5339873820833456534

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item