Menurut Penelitian, Tidur Siang Bisa Meningkatkan Daya Ingat


Naviri Magazine - Tidur siang yang disarankan untuk orang dewasa adalah 10-20 menit, sejumlah waktu yang bisa dibilang cukup singkat. Namun ternyata waktu yang singkat itu memberi manfaat yang cukup banyak, khususnya pada otak kita. 

Andrei Medvedev, PhD. dan para peneliti dari Georgetown University, melakukan riset mengenai hal ini, dengan melibatkan 15 partisipan. Masing-masing partisipan diminta memakai semacam topi yang dipasangi kabel optik. Kemudian, para partisipan diminta untuk tidur siang selama 8 menit, dan para peneliti memantau apa yang terjadi pada otak para partisipan.

Hasilnya cukup mengejutkan, karena para peneliti menemukan bagian otak kanan para partisipan lebih aktif saat tidur siang terjadi. Sekadar infomasi, orang yang banyak menggunakan tangan kanan, maka otak kirinya akan lebih aktif. Namun, saat tidur siang, ternyata otak bagian kanan yang menjadi lebih aktif. Hal itu terlihat pada orang kidal maupun yang tidak kidal.

Atas temuan tersebut, Andrei Medvedev menyatakan, “Ternyata, saat kita tidur siang atau dalam kondisi rileks lain seperti meditasi, otak kita tetap aktif, namun di bagian yang berbeda dengan cara yang unik.”

Selama otak bagian kanan aktif ketika orang tidur siang, otak melakukan berbagai perawatan kognitif, seperti mengorganisasi dan memproses informasi. Dengan kata lain, tidur siang bisa meningkatkan daya ingat. 

Selain itu, karena otak kanan lebih aktif saat tidur siang, kebiasaan tidur siang juga bisa meningkatkan kreativitas. Beberapa seniman dan ilmuwan juga diketahui sering mendapatkan ide-ide segar setelah bangun dari tidur siang.

Sementara itu, Robert Stickgold, PhD., direktur Harvard Center for Sleep and Cognition, menyatakan bahwa tidur siang juga bisa melindungi sirkuit otak dari kemungkinan dipakai berlebihan. Manfaat lainnya adalah mengumpulkan informasi yang baru dipelajari. 

Mendukung temuan-temuan di atas, hasil penelitian para ilmuwan di Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, dan University of Athens Medical School, Yunani, juga menambahkan bahwa tidur siang yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi atau meredakan stres, bahkan menurunkan risiko penyakit jantung.

Seperti yang dinyatakan di atas, tidur siang yang dianjurkan hanyalah 10-20 menit, atau tidak lama. Karena hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, sebenarnya kita tidak terlalu membutuhkan tempat khusus untuk tidur siang. 

Artinya, kalau kita biasa bekerja di kantor, misalnya, kita bisa memanfaatkan ruangan tertentu untuk sejenak terlelap, saat datang waktu istirahat. Yang penting Anda merasa nyaman selama beberapa menit tidur siang, dan tidak mengganggu waktu kerja.

Related

Health 7023621570050400961

Recent

item