Ternyata Mengandung Bahaya, Kinder Joy Ditarik dari Pasaran


Wabah keracunan makanan karena bakteri salmonella sedang melanda Inggris, Irlandia dan sekitarnya. Virus itu diduga dari jajanan cokelat Kinder Surprise. 

Data yang dihimpun menyebutkan, setidaknya lebih dari 60 kasus menyebabkan anak-anak keracunan setelah mengonsumsi merek cokelat Kinder Surprise. 

Menurut laporan Metro, dari 60 kasus itu sekitar 40 di antaranya adalah anak-anak berusia lima tahun ke bawah. Beruntung tidak ada korban tewas dalam kejadian ini.

Dikutip dari Mirror, karena banyaknya kasus tersebut, otoritas Keamanan Pangan Irlandia (FSAI) secara resmi menarik peredaran cokelat Kinder Surprise di pasaran akhir pekan lalu. 

Menurut keterangan Kepala Eksekutif FSAI, Ferrero Dr. Pamela Byrne, perusahaan tersebut juga menambah daftar produk-produknya yang ditarik di pasaran. 

Beberapa produk yang ditarik kembali adalah Kinder Mini Eggs 75g, Kinder Egg Hunt Kit 150g, Kinder Surprise 100g, dan Kinder Schobons 200g. 

Pamela juga menyarankan bagi orang tua yang memiliki produk serupa untuk tidak mengonsumsinya terlebih dahulu. 

Kepala Eksekutif FSAI tersebut juga memberikan informasi beberapa gejala yang bisa disebabkan karena keracunan salmonella, diantaranya demam, sakit kepala, kram perut, hingga diare. 

FSAI mengatakan akan terus bekerja sama dengan Departemen Kesehatan, Pusat Pengawasan Perlindungan Kesehatan HSE, serta lembaga terkait di Inggris dan Eropa mengenai wabah keracunan coklat kinder. 

Sebagai informasi tambahan, bakteri salmonella adalah jenis bakteri enterobakteria gram-negatif yang dapat menyebabkan demam tifoid, demam paratipus, dan keracunan makanan. 

Orang-orang yang terpapar bakteri ini bisa sembuh dalam beberapa hari. Gejalanya bisa saja lebih parah dan menyebabkan masuk rumah sakit, terutama pada anak-anak yang imunnya rendah. 

Bakteri ini dapat menyebar dari orang ke orang. Jadi, bagi siapa pun yang terpapar bakteri tersebut harus mematuhi kebersihan seperti mencuci tangan secara menyeluruh setelah menggunakan kamar mandi. 

Related

News 8159921975180769998

Recent

item