Tips agar Tidur Siang Lebih Menyehatkan, Menurut Ilmuwan

Tips agar Tidur Siang Lebih Menyehatkan, Menurut Ilmuwan

Naviri Magazine - Kantuk dan rasa lelah bisa datang sewaktu-waktu, termasuk di siang hari, ketika kita sedang bekerja atau beraktivitas. Kadang-kadang, orang menggunakan kopi atau minuman penambah energi untuk mengatasi kantuk dan lelah semacam itu. 

Namun, sebenarnya ada cara lain yang lebih baik, yaitu dengan tidur siang. Tidur siang dapat mengembalikan tenaga yang lelah, dan membantu pikiran lebih segar.

Meski begitu, tidur siang juga harus dilakukan dengan cara yang benar, agar benar-benar memberi manfaat. 

Studi mengenai tidur siang menyatakan bahwa orang yang rutin tidur siang selama 10 sampai 20 menit setiap hari biasanya akan bangun dengan mata dan tubuh yang lebih segar, dibandingkan orang yang tidur siang antara satu jam hingga berjam-jam. Artinya, tidur siang yang sedikit lebih baik daripada tidur siang yang lama.

Tidur memiliki tahapan, termasuk tidur siang. Selama tahapan “tidur dalam”, yaitu ketika mimpi terjadi, otak akan mengalami kesulitan untuk terbangun. 

Studi menunjukkan bahwa ketika orang tidur siang cukup lama—sekitar 25 menit hingga 85 menit—tahapan tidur telah mencapa fase rapid eye movement (REM), dan hal itu berarti akan membuat kita lebih sulit untuk tertidur pada malam hari. Karena itulah, tidur siang disarankan hanya selama 10 sampai 20 menit, agar kita tetap mudah tertidur pada malam hari.

Selain durasi yang perlu diperhatikan, waktu tidur siang juga ikut menentukan kualitas tidur di malam hari. Semakin dekat waktu tidur siang dengan waktu tidur malam, maka akan semakin sulit untuk terbangun saat tidur siang, dan hal itu akan menyebabkan kacaunya jadwal tidur malam. 

Para ilmuwan menyarankan agar tidur siang dilakukan dengan jarak yang cukup. Saat bangun dari tidur siang, setidaknya masih ada waktu 4 jam sebelum malam datang.

Secara umum, orang yang rutin tidur siang memiliki kemampuan lebih baik dalam hal menangkal kantuk, daripada orang yang tidak rutin tidur siang. Meski begitu, selalu perhatikan durasi tidur siang—jangan terlalu lama, cukup 10 sampai 20 menit. Karena tidur siang beberapa menit saja sudah cukup mampu mengembalikan energi, dan membuat kualitas tidur malam lebih baik.

Related

Health 3789784187325438699

Recent

item