50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 3)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

40. Jurgen Bartsch
Dalam: Ein Leben Lang Kurze Hosen Tragen (The Child I Never Was – 2002)
Pemeran: Sebastian Urzendowsky dan Tobias Schenke
Sutradara: Kai S. Pieck

Keberadaan Jurgen tidak pernah diakui sang ayah (Walter Gontermann) dan tidak mendapat perhatian ibunya (Ulrike Bliefert). Dia tumbuh sebagai anak yang bingung dan memendam kebencian terhadap orang-orang di sekelilingnya. Di usia 15 tahun, Jurgen menculik dan membunuh seorang anak laki-laki. Kurang puas, dia membunuh tiga orang lagi. Akhirnya, dia ditangkap polisi dan harus menjalani hukuman penjara seumur hidup.

Film Jerman yang disutradarai Pieck ini diangkat dari kisah nyata Bartsch, yang menjalankan aksi pembunuhan berantai sejak masih belia. Skenarionya disusun berdasarkan esai yang ditulis Bartsch selama di penjara.

39. Hughie Warriner
Dalam: Dead Calm (1988)
Pemeran: Billy Zane
Sutradara: Philip Noyce

John Ingram (Sam Neill) dan istrinya Rae Ingram (Nicole Kidman) melakukan perjalanan dengan perahu layar di kawasan Samudera Pasifik. Mereka bertemu dengan seseorang yang tampak bersahabat, Hughie (Zane). John yang sering melakukan kontak dengan Hughie mulai merasakan ada yang tidak beres. Dia pun mulai menyelidiki latar belakang pemuda itu.

Film yang naskahnya ditulis berdasakan novel Charles Williams ini dianggap sebagai titik awal bagi karir cemerlang Kidman, Neill, dan tentu saja Zane yang akhirnya tampil lagi menjadi tokoh antagonis, tunangan Kate Winslet di film legendaris, Titanic (1997).

38. Ezra Cobb
Dalam: Deranged (1974)
Pemeran: Roberts Blossom
Sutradara: Alan Ormsby dan Jeff Gillen

Seumur hidup, Ezra harus tinggal bersama ibunya yang sudah tua dan sakit-sakitan. Menetap di tanah pertanian yang sepi, dia tumbuh menjadi sosok yang tertutup dan aneh. 

Begitu sang ibu meninggal dunia, jenazahnya diawetkan, dan dengan setia dirawat, dijaga, seraya memburu perempuan-perempuan muda, membunuh mereka, lalu memajang mayat-mayat mereka sebagai hiasan di rumah, pengusir sepi.

37. Tomie Kawakami
Dalam: Tomie (1999), Tomie: Another Face (1999), Tomie: Replay (2000), Tomie: Re-birth (2001), Tomie: Forbidden Fruit (2002), Tomie: Beginning (2005), Tomie: Revenge (2005), Tomie vs. Tomie (2007), Tomie: Unlimited (2011)
Pemeran: Miho Kanno, Runa Nagai, Mai Hosho, Miki Sakai, Nozomi Ando, Rio Matsumoto, Anri Ban, Yu Abiru, Emiko Matsuoka, Miu Nakamura
Sutradara: Ataru Oikawa, Toshiro Inomata, Fujiro Mitsuishi, Takashi Shimizu, Shun Nakahara, Tomohiro Kubo, Noboru Iguchi

Tak seorang pun yang tahu siapa dia sebenarnya. Tomie adalah siswi SMA, biseks yang mempunyai kekuatan untuk mempengaruhi laki-laki dan perempuan supaya jatuh cinta kepadanya, serta melakukan apa saja, termasuk membunuh. Ternyata, kemampuannya itu membuat banyak orang di sekolah membenci dia. Beberapa kali Tomie dibunuh, namun hidup kembali dan melakukan pembalasan.

Tomie aslinya adalah karakter manga yang dibuat oleh Junji Ito dalam komik berjudul sama. Seperti halnya di komik yang penuh gambar brutal dan berdarah-darah, di filmnya pun sarat dengan adegan sadis yang membuat bulu kuduk merinding.

36. Rhoda Penmark
Dalam: The Bad Seed (1956)
Pemeran: Patty McCormack
Sutradara: Mervyn LeRoy

Mungkin dia psycho termuda yang pernah muncul di layar lebar. Disebutkan, ibu biologisnya bernama Bessie Denker, seorang pembunuh berantai yang tewas di kursi listrik. “Karir” membunuh Rhoda telah dilakoni sejak usia 7 tahun. Korban pertamanya adalah sang tetangga, seorang nenek tua. 

Setahun kemudian, teman sekelasnya tewas setelah dibenamkan di sungai. Walau Rhoda tampak menyenangkan di rumah, namun dia psycho sejati yang membunuh karena kesenangan. Di akhir film, dia tewas tersambar petir, saat berusaha membunuh ibu angkatnya, Christine Penmark (Nancy Kelly).

Baca lanjutannya: 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 4)

Related

Film 5432233701663697521

Recent

item