50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 4)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine
- Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

35. Frank Zito
Dalam: Maniac (1980), Maniac (2012 – remake)
Pemeran: Joe Spinell, Elijah Wood
Sutradara: William Lustig, Franck Khalfoun

Frank yang misterius mewarisi sebuah toko manekin dari ibunya. Menginginkan sebuah perubahan dalam hidup, dia memutuskan untuk mengenal dunia luar dengan mengikuti situs kencan online. 

Seorang perempuan berhasil ditaklukkan. Awalnya, pertemuan berjalan baik-baik saja, hingga Frank membunuh dan menguliti kepala si perempuan, lalu ditempelkan di manekin. Hal demikian terus-menerus terjadi. Dia menghabisi setiap perempuan yang ditemui.

Untuk versi tahun 2012, teknik pengambilan gambarnya sesekali memposisikan penonton sebagai pembunuh, karena yang memegang kamera adalah Wood. Penampilan Wood di Maniac (2012) dianggap luar biasa berbeda, setelah sebelumnya menjelma menjadi Frodo di 3 jilid The Lord of the Rings.

34. Asami Yamazaki
Dalam: Audition (Odishon – 1999)
Pemeran: Eihi Shiina
Sutradara: Takashi Miike

Perempuan muda Jepang ini tampak pendiam, pasrah, lucu dan menggemaskan. Namun, penampilan luar seseorang memang terkadang sangat menipu. Asami gemar mencabut lidah orang-orang yang menjadi korban penyiksaannya, sebagai foreplay sebelum melakukan mutilasi. 
33. Colonel Kurtz
Dalam: Apocalypse Now (1979)
Pemeran: Marlon Brando
Sutradara: Francis Ford Coppola

Coppola membuat film ini dengan sederet aktor kuat, mulai dari Marlon Brando, Robert Duvall, Martin Sheen, Dennis Hopper, Harrison Ford, hingga Laurence Fishburne. Coppola sendiri menjabat sebagai produser, sutradara, penulis naskah, dan merancang musik. Hanya sayang, perolehan piala Oscar tidak sesuai harapan, karena dari 8 nominasi hanya menang 2, yaitu Penata Kamera Terbaik dan Penata Suara Terbaik.

Capt. Willard (Sheen) diberi perintah untuk menyelidiki Col. Kurtz (Brando) yang konon mempunyai tentara sendiri di hutan, setelah terlibat dalam perang Vietnam. Pasukan ini menjalani kehidupan yang tidak beres akibat stres selama perang. Keadaan menjadi rumit karena Capt. Willard akhirnya terbawa suasana.

32. Travis Bickle
Dalam: Taxi Driver (1976)
Pemeran: Robert De Niro
Sutradara: Martin Scorsese

Scorsese dan De Niro merupakan pasangan sutradara dan aktor paling klasik. De Niro berperan sebagai Travis, seorang veteran perang Vietnam yang menjadi supir taksi. Pada dasarnya, Travis bukan orang jahat, tapi keadaan membuat dirinya rendah diri, pendiam dan mudah curiga. Ada kalimat yang selalu diingat penonton, yaitu “You talkin’ to me?” Kalimat itu menandakan Travis kurang percaya diri.

Film ini menjadi semakin heboh ketika kejadian di dalamnya ditiru oleh seseorang di dunia nyata. Di film, ditampilkan adegan Travis menembak Presiden demi menarik perhatian pelacur mungil, Iris Steensma (Jodie Foster). Di dunia nyata, Presiden AS Ronald Reagen ditembak, dan pelakunya secara jujur mengatakan mendapat ilham dari Taxi Driver.

31. Dr. Genessier
Dalam: Les Yeux Sans Visage (Eyes Without a Face – 1962)
Pemeran: Pierre Brasseur
Sutradara: Georges Franju

Dr. Genessier adalah dokter bedah yang sangat mencintai anaknya, Christiane (Edith Scob). Ketika wajah anaknya rusak akibat kecelakaan, Dr. Genessier bertekad memperbaikinya. Caranya? Dengan menculik perempuan-perempuan muda dan melakukan operasi heterograft, mengambil kulit wajah para korban, lalu mentransplantasikannya ke wajah Christiane.

Dilaporkan ada tujuh orang yang pingsan karena shock saat menyaksikan film ini di Edinburgh Film Festival 1960. Saat dirilis di Amerika Serikat, judulnya diubah menjadi The Horror Chamber of Dr. Faustus, dengan adegan-adegan bedah heterograft yang dihilangkan, hingga Dr. Genessier tampak lebih manusiawi.

Baca lanjutannya: 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 5)

Related

Film 4063389629073502550

Recent

item