50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 8)

50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan

Naviri Magazine - Uraian ini lanjutan uraian sebelumnya (50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan ~ Bagian 7). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan daftar yang lebih lengkap, silakan baca uraian sebelumnya terlebih dulu.

14. Henry
Dalam: Henry: Portrait of a Serial Killer (1986), Henry: Portrait of a Serial Killer Part. 2 (1996)
Pemeran: Michael Rooker, Neil Giuntoli
Sutradara: John McNaughton, Charles Parello

Film dengan model dokumenter ini dibuat berdasarkan kisah hidup pembunuh banyak orang asal Amerika Serikat, Henry Lee Lucas. Dia mengaku sudah menghilangkan nyawa lebih dari 260 orang. Angka yang sangat fantastis. 

Henry mungkin psycho yang paling menggelisahkan, karena selain benar-benar nyata, dia pun sangat memandang rendah kehidupan. Dia tak punya rasa hormat terhadap orang lain, dan menganggap jiwa mereka cuma mainan.

Salah satu adegan yang paling mengerikan adalah ketika Henry dan temannya menerobos pintu masuk di salah satu rumah, lalu membunuh semua penghuni. Adegan itu mengambil sudut pandang dari mata Henry, hingga kesadisan begitu terasa.

13. The Tooth Fairy
Dalam: Manhunter (1986), Red Dragon (2002)
Pemeran: Tom Noonan, Ralph Fiennes
Sutradara: Michael Mann, Brett Ratner

Thomas Harris dalam novelnya tak hanya menciptakan tokoh Dr. Hannibal Lecter, tapi juga karakter psycho lain bernama Francis Dolarhyde atau lebih dikenal dengan The Tooth Fairy. Harapan yang diinginkan The Tooth Fairy sebenarnya idaman semua orang, yaitu “Dreams of being wanted and desired.” 

Dalam keseharian, dia punya pekerjaan dan mencoba mencintai seorang perempuan, meski perempuan itu buta. Namun, karena sebuah kesalahpahaman, kekecewaan pun dirasakan olehnya.

Tahun 1986, karakter ini diperankan oleh Noonan yang kurang terkenal. Sedangkan versi 2002 oleh yang lebih popular, Fiennes. Jika dibandingkan, dua-duanya bermain sangat baik sesuai kelas masing-masing. 

12. Jason Voorhees
Dalam: Friday the 13th (1980), Friday the 13th Part 2 (1981), Friday the 13th Part 3 (1982), Friday the 13th Part 4: The Final Chapter (1984), Friday the 13th Part 5: A New Beginning (1985), Friday the 13th Part 6: Jason Lives (1986), Friday the 13th Part 7: The New Blood (1988), Friday the 13th Part 8: Jason Takes Manhattan (1989), Jason Goes to Hell: The Final Friday (1993), Jason X (2002), Freddy vs. Jason (2003), Friday the 13th (2009)
Pemeran: Ari Lehman, Warrington Gillette, Richard Brooker, Ted White, Tom Morga, C. J. Graham, Kane Hodder, Ken Kirzinger, Derek Mears
Sutradara: Steve Miner, Joseph Zito, Danny Steinmann, Tom McLoughlin, John Carl Buechler, Rob Hedden, Ronny Yu, Marcus Nispel

Sosok dewasa Jason sebenarnya baru muncul di film kedua. Karena di film pertama, sang ibu, Pamela Voorhees (Betsy Palmer), yang lebih banyak berperan sebagai pembunuh. 

Sejak kemunculannya, Jason sudah diciptakan menjadi sosok yang gemar menghilangkan nyawa orang lain di daerah asal, Crystal Lake Camp, dengan tujuan utama balas dendam. Tapi pada perkembangan berikutnya, alasan pembunuhan menjadi tidak jelas, karena setiap orang yang ada di depannya pasti dibantai. 

11. Michael Myers
Dalam: Halloween (1978), Halloween 2 (1981), Halloween 4: The Return of Michael Myers (1988), Halloween 5: The Revenge of Michael Myers (1989), Halloween 6: The Curse of Michael Myers (1995), Halloween H2O: 20 Years Later (1998), Halloween: Resurrection (2002), Rob Zombie’s Halloween (2007), Halloween II (2009)
Pemeran: Nick Castle, Tony Moran, Will Sandin (anak-anak), Dick Warlock, George P. Wilbur, Donald L. Shanks, Chris Durand, Brad Loree, Tyler Mane, Daeg Faerch (anak-anak), Chase Wright Vanek (anak-anak)
Sutradara: John Carpenter, Rick Rosenthal, Dominique Othenin-Girard, Joe Chapelle, Steve Miner, Rob Zombie

Ada yang khas dari penampilan Michael, yaitu selalu mengenakan topeng, tak pernah bicara, dan hebatnya tak pernah bisa mati meski sudah dipukul, ditusuk, ditembak, atau dibakar. Menurut kisah dalam film, korban pertama Michael adalah saudara perempuannya sendiri, yang dibunuh dengan pisau dapur saat perayaan Halloween, 31 Oktober 1963. Saat itu, Michael masih berusia 6 tahun.

Berbeda dengan karakter psycho pada umumnya, Michael punya lawan seimbang yang beberapa kali bertarung dengannya, yaitu Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) yang masih ada hubungan kerabat dengannya. Halloween 3: Season of the Witch (1982) dibuat oleh Tommy Lee Wallace tanpa kaitan sama sekali dengan Halloween dan Halloween 2, termasuk tak menghadirkan sosok Michael.

Baca lanjutannya: 50 Karakter Psikopat Terbaik dalam Film dan Tak Terlupakan (Bagian 9)

Related

Film 1696357803930337151

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item