Apa Hubungan Virus Covid-19 dengan Hepatitis Akut Misterius?

Apa Hubungan Virus Covid-19 dengan Hepatitis Akut Misterius?

Pemerintah sedang mewaspadai perkembangan penyakit Hepatitis Akut Misterius. Wabah dari Inggris Raya ini kebanyakan menyerang anak-anak.

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, berujar, hepatitis yang masih misterius ini menyerang anak-anak mulai usia di bawah 5 tahun hingga 16 tahun. Namun, sebelum sampai ke situ, dia menjelaskan terlebih dahulu bahwa WHO dan Kementerian Kesehatan masih mengatakan bahwa penyakit tersebut masih misterius atau ekologinya tidak diketahui.

Menurut Dicky, pada dasarnya hepatitis ini tidak sepenuhnya misteri. Sebab, hepatitis telah terindikasi dipicu oleh Covid-19 atau varian-variannya yang memang turut menyerang hati meski ditularkan melalui pernapasan.

"Dampaknya sistemik, antara lain merusak atau mengganggu fungsi dari liver atau hepa, nah ini yang bisa menyebabkan hepatitis. Bahwa ada kasus penderita covid mengalami kekuningan, itu ada di awal-awal itu sudah terdeteksi," kata Dicky.

Seiring dengan mutasi Covid-19, terutama setelah munculnya varian Omicron, Dicky menjelaskan, infeksi dari virus corona menular lebih cepat, termasuk ke anak-anak yang mayoritas belum divaksin. Karenanya, kata dia, ini menjelaskan kenapa Hepatitis Akut ditemukan banyak menyerang anak-anak

"Jumlah mereka banyak, dan meskipun saat ini sebagian di atas 6 tahun sudah divaksin, tapi di bawah 5 tahun belum bisa divaksin. Pada sebagian dari yang di atas 6 tahun itu belum sempat di-booster, ini yang kita harus mewaspadai karena bisa berdampak pada fungsi hepa atau hati," ucap Dicky.

Hati, menurut dia juga merupakan organ yang paling sering terdampak infeski Covid-19. Para peneliti global pun, kata Dicky, juga menempatkan salah satu potensi penyebab hepatitis ini dikaitkan dari keberadaan varian baru atau sub varian baru dari Covid yang merupakan turunan dari Omicron atau yang lainnya.

"Ini yang masih harus kita tunggu. Bahwa ini faktor ilmiah bahwa infeksi Covid-19 menyebabkan lemahnya bahkan menyerang sel T yang merupakan bagian penting sistem pertahanan tubuh kita," ujar Dicky.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menerbitkan surat edaran untuk mewaspadai perkembangan penyakit Hepatitis Akut yang berasal dari Inggris Raya. Hepatitis Akut tersebut belum diketahui etiologi atau asal usulnya hingga saat ini.

Dikutip dari surat edaran bernomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan Terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Ekologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetologi) disebutkan WHO telah menetapkan penyakit itu sebagai Kejadian Luar Biasa.

Penetapan itu dilakukan pada 15 April 2022 setelah menyerang anak-anak usia 11 bulan hingga 5 tahun. WHO menerima laporan pada 5 April 2022 dari Inggris Raya mengenai 10 kasus Hepatitis Akut pada anak-anak selama periode Januari hingga Maret 2022 di Skotlandia Tengah.

Sejak secara resmi dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan terus bertambah, tercatat lebih dari 170 kasus Hepatitis Akut Misterius dilaporkan oleh lebih dari 12 negara. 

Kisaran kasus terjadi juga pada anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun. Tujuh belas anak di antaranya atau 10 persennya memerlukan transplantasi hati, dan 1 kasus dilaporkan meninggal.

Related

Health 4712051994114794885

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item