Apakah Aman Memencet Jerawat Sendiri di Rumah?

Apakah Aman Memencet Jerawat Sendiri di Rumah?

Pengeluaran isi jerawat sebaiknya dilakukan dengan kondisi yang bersih dan steril, tentu akan lebih baik bila berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai masalah jerawat tersebut.

Hal tersebut berkaitan dengan efek lanjutan setelah mengeluarkan isi jerawat, yang seharusnya di-treatment secara khusus. Pada jerawat yang dimanipulasi, dampaknya bisa berupa terdapatnya bekas luka. Jerawat terjadi karena berbagai macam faktor, baik pola hidup yang tidak sehat maupun kondisi wajah yang tidak bersih dari debu maupun keringat.

Wujud serta bentuk dari luka tersebut bermacam-macam, bisa berlubang, atau menjadi keloid, serta dapat menjadi kista maupun yang lainnya. Bila ditelaah lebih jauh, kondisi bekas jerawat yang semakin membesar dan mudah mengeluarkan darah yang muncul dari bekas luka, ada kemungkinan terbentuk Granuloma; benjolan di kulit dan kenyal (nodul).

Sebaiknya hentikan kebiasaan melakukan pengeluaran isi jerawat yang dipaksakan, terlebih melakukan perlukaan kembali bekas jerawat yang telah mulai mengering. Karena hal tersebut, jika dalam kondisi yang tidak bersih, dapat mengakibatkan terjadinya Granuloma.

Alangkah lebih baik bila melakukan konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk dapat melakukan pemeriksaan langsung. Dalam hal ini observasi oleh dokter Kulit akan lebih menyeluruh atas kondisi jerawat serta bekas jerawat yang dialami.

Related

Health 5813246424441324305

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item