Bagaimana Bisa 300 Spartan Mengalahkan 1.000.000 Pasukan Persia?

Bagaimana Bisa 300 Spartan Mengalahkan 1.000.000 Pasukan Persia?

Kekuatan Persia di Pertempuran Thermopylae tercatat sekitar 70 ribu sampai 300 ribu pasukan, sedangkan kekuatan gabungan Yunani yang termasuk Sparta sekitar 7 ribu pasukan, walaupun tentu jumlah ini hanya perkiraan dan belum pasti karena sumber sejarahnya sangat terbatas. Namun, uniknya, kekuatan pasukan Sparta dicatat hanya sekitar 300 personil, dan pemimpinnya adalah Leonidas I.

Tapi benarkah 300 pasukan Sparta tersebut mengalahkan 1 juta pasukan Persia? Jawabannya jelas tidak, karena korban yang tercatat dalam Pertempuran Thermopylae hanya sekitar 24 ribu, baik pasukan gabungan Yunani maupun pasukan Persia. Angka tersebut berlebihan karena dipopulerkan oleh film 300.

Film karya Zack Snyder itu merupakan adaptasi komik sejarah fiktif karya Frank Miller dengan judul yang sama, dengan Miller yang mengaku terinspirasi dari film The 300 Spartans (1962) yang ditontonnya sewaktu masih kecil. Memang beberapa tokoh, pertempuran, dan kejadiannya asli, namun dibumbui hal-hal fiktif supaya terlihat epik dan keren, mengingat tujuannya adalah menghibur.

Dari gaya penampilan Xerxes I saja sudah aneh sekali, seperti pergi berperang hanya menggunakan celana dalam dan jubah saja. Namun walaupun secara keakuratan sejarah rendah, setidaknya versi film maupun komik yang mengisahkan 300 pasukan Sparta ini tetap menghibur dan menyenangkan, tentunya dengan adegan slow-motion ala Snyder.

Related

History 8126596542868529648

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item