Bagaimana Cara Bangsa Mongol Menaklukkan Rusia?

Bagaimana Cara Bangsa Mongol Menaklukkan Rusia?

Bagaimana cara bangsa Mongol menaklukkan Rusia, mengingat negara-negara seperti Prancis (Napoleon) dan Jerman Nazi gagal, ditambah kekuatan alam seperti musim dingin yang mengerikan?

Orang-orang Mongol tidak melakukan tindakan bodoh seperti Napoleon dan Hitler: mereka tidak berani memasuki hutan.

Tidak ada artefak Mongol di hutan, tidak ada jejak DNA Mongol yang berarti. Tidak ada dokumen yang masih ada yang dikaitkan dengan pemerintahan Kekaisaran Jochi atas tanah yang ditulis dalam bahasa Mongolia. 

Kronik dari era itu tidak mengenal "Mongol". Kata Mongol pertama kali disebutkan dalam dokumen-dokumen Polandia pada abad ke-17, kemudian dielaborasi oleh Jerman pada abad ke-18, dan kemudian dipopulerkan di Barat oleh Karl Marx pada abad ke-19 sebagai penjelasan tentang "keterbelakangan" mereka.

Taiga tak tertembus

Pada abad ke-13, Rusia tidak memiliki jalan darat yang bisa digunakan kavaleri Mongol. Jalanan di sana dipenuhi pohon dan semak-semak yang dipenuhi nyamuk, hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki tetapi tidak bisa ditembus kuda. 

Penduduk menggunakan sungai untuk transportasi pribadi dan kargo. Mereka juga tidak memiliki padang rumput untuk kuda mereka. Masuk ke dalam taiga yang tebal selama beberapa hari perjalanan akan menjadi bunuh diri murni bagi bangsa Mongol.

Yang sama penting, wilayah kekuasaan Rusia miskin setelah penjarahan Konstantinopel pada 1204 oleh Tentara Salib. Runtuhnya perdagangan Mediterania Timur sebagai efeknya membuat mereka sangat terpukul. 

Tanah kehabisan perak. Di pasar, orang membayar satu sama lain dengan kulit, manik-manik kaca dan kerang. Bangsa Mongol, yang suka bepergian dengan membawa bawaan ringan, tidak akan menemukan sesuatu yang berharga.

Mongol dibantu orang lokal

Inilah mengapa orang-orang Mongol tidak menduduki Rusia. Apa yang tampaknya telah terjadi adalah bahwa mereka hanya mengalihdayakan tanah mereka ke hutan Turki (Tatar) dan berkolaborasi dengan orang Slav lokal. St Alexander Nevsky memainkan peran penting dalam menjadikan mereka bagian dari Golden Horde.

(Sensus pertama yang dilakukan oleh orang-orang Mongol terjadi pada tahun 1257. Dengan kata lain, St. Alexander Nevsky dan ayahnya membutuhkan setidaknya satu setengah dekade untuk memaksakan kendali Mongol atas bagian-bagian hutan di tanah Rusia.)

Keberhasilan Jerman

Berabad-abad kemudian, "cara Mongol" dalam menaklukkan Rusia digunakan oleh Jerman. Selama Perang dunia ke 1, mereka membayar kaum Bolshevik untuk mengacaukan pasukan dan logistik perang mereka. Hanya kekalahan di front Barat yang mencegah Jerman untuk menindaklanjuti dan mengamankan penaklukan besar mereka di timur, di bawah perjanjian damai Litovsk.

Related

History 5954348998868751231

Recent

item