Bagaimana Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Sebuah Ruangan?

Bagaimana Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi di Sebuah Ruangan?

Ada beberapa cara yang berbeda agar sebuah kamera tersembunyi bisa dideteksi.

Pertama-tama, anda bisa menggunakan detektor kamera. Semua alat pencari kamera bekerja dengan konsep yang sama: Jika lampu berwarna merah sering berkedip ketika diarahkan ke suatu tempat, dan jika ada kamera di sana, anda bisa melihat pantulan cahaya di kamera tersebut melalui sebuah filter.

Alat ini tidak terlalu mahal (sekitar $10-$50). Cara menggunakannya, anda harus menyorot cahaya secara langsung ke kamera, untuk bisa menemukan kamera tersebut. Terkadang, ini menjadi hal yang cukup sulit. Contoh, jika kameranya disembunyikan di atas langit-langit kamar, kemungkinan besar anda tidak akan menemukan kamera tersebut.

Cara lain untuk mencari kamera tersembunyi adalah menggunakan sinyal frekuensi radio. Kebanyakan kamera di pasaran menggunakan sinyal wifi 2.4 GHZ untuk menampilkan gambar ke sebuah monitor. Sinyal ini bisa terdeteksi dengan mudah dengan RF detektor. 

Yang harus anda lakukan adalah mematikan wifi anda, dan mencari apakah ada tempat yang masih memiliki sinyal kuat. RF-detektor tidak terlalu mahal. Harganya sekitar $200. Masalahnya adalah, jika kamera tersebut tidak mengeluarkan sinyal, maka tidak ada sinyal yang bisa anda deteksi.

Anda juga bisa menggunakan NLJD (Non Linear Junction Detector). Ini adalah alat yang terlihat seperti detektor besi, dan bisa menemukan bahkan sebuah Sim-Card yang kecil. Kekurangannya adalah alat ini akan memberi tahu anda, bukan hanya kamera tersembunyi, tetapi juga semua alat elektronik yang ada di kamar anda. 

NLJD umumnya digunakan oleh sektor aviasi untuk mencari korosi di cat sebuah pesawat, bahkan paku berkarat juga bisa terdeteksi dengan NLJD. Alat ini juga cukup mahal. Yang paling murah harganya harganya $10.000.

Yang terakhir, menggunakan pencarian secara manual, tanpa alat apa pun, mungkin sudah cukup baik untuk mencari kamera tersembunyi. Seperti metode-metode lainnya, anda harus sistematis dan teliti.

Related

Tips 5542123086902474987

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item