Banyak Warga Langkat Sumut Keluar dari Agama Islam, Ini Penyebabnya

Banyak Warga Langkat Sumut Keluar dari Agama Islam, Ini Penyebabnya

Kabar mengejutkan datang dari Sumatera Utara. Dikabarkan banyak warga di Kabupaten Langkat, Sumut ramai-ramai murtad. Atas kejadian menggemparkan ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut pun angkat bicara. 

Ketua MUI Sumut, Dr. H. Maratau Simanjuntak mengakui telah mendapatkan laporan terkait peristiwa menghebohkan ini. Namun Maratua belum dapat memastikan berapa banyak jumlah warga Langkat yang murtad tersebut. 

Namun demikian, pihaknya kata Maratua telah menindaklanjuti laporan dari salah seorang warga yang menyampaikan jika ada anggota keluarganya murtad. 

"Laporan ini berasal dari orangtua warga yang pindah agama," kata Maratua. 

Sementara itu M. Hatta selaku Ketua Bidang Dakwah MUI Sumatera Utara menanggapi fenomena banyak warga Langkat memutuskan murtad menyebutkan, ada dua penyebab terkait terjadinya hal tersebut. Penyebab yang berasal dari faktor eksternal dan internal. 

"Ada dua hal, faktor eksternal dan internal," kata M. Hatta dilansir dari TVOne. 

Dari aspek eksternal kata M. Hatta, tampaknya ada kelompok yang memang secara masif mengajak warga kabupaten Langkat untuk keluar dari agama Islam (murtad). 

Adapun modus kelompok tersebut kata M. Hatta adalah awalnya dengan menawarkan pekerjaan hingga uang. 

"Eksternal ini adanya upaya-upaya sistemik yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu sehingga terjadilah guncangan dalam diri seseorang. Misalkan tawaran pekerjaan bahkan tawaran keuangan," katanya.

Sedagkan dari faktor internal didasari oleh bagaimana keimanan seseorang. Yang artinya, kata Hatta, iman orang tersebut lemah. 

"Kalau dari internal, ya karena kelemahan iman yang ada pada umat Islam sehingga mudah goyah," katanya. 

Hatta menambahkan, MUI Langkat dan MUI Sumut, untuk mencegah kasus serupa, telah mengambil langkah. 

"Kita melakukan koordinasi untuk menanggulangi persoalan," katanya.

Related

News 4890657314537542236

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item