Deretan Perusahaan Luhut Panjaitan, dari Batu Bara hingga Pabrik Furnitur (Bagian 2)

Deretan Perusahaan Luhut Panjaitan, dari Batu Bara hingga Pabrik Furnitur

Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Deretan Perusahaan Luhut Panjaitan, dari Batu Bara hingga Pabrik Furnitur - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

3. Toba Power

PT Pusaka Jaya Palu Power 

PT Pusaka Jaya Palu Power adalah perusahaan swasta pertama di Indonesia yang berhasil membangun pembangkit listrik tenaga uap. Perusahaan yang terletak di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah ini memulai operasinya sejak tahun 2007.

Saat ini, PT Pusaka Jaya Palu Power telah mampu memproduksi 2×15 MW dengan rencana ekspansi hingga 40 MW pada 2013. Power Purchase Agreement (PPA) dengan PLN ditandatangani pada tahun 2007 untuk periode 25 tahun.

Untuk mendukung masyarakat lokal, pemerintah Kota Palu memiliki sebagian kecil saham dari pembangkit tenaga listrik ini.

PT Kartanegara Energi Perkasa 

PT Kartanegara Energi Perkasa telah menandatangani Power Purchase Agreement (PPA) dengan PLN pada 18 April 2011 untuk pengembangan PLTG Senipah di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Pembangkit listrik ini akan mampu memproduksi 2×41 MW (satu siklus) yang dimulai pada Desember 2012. Dengan meningkatkan angka produksinya menjadi 2×60 MW (siklus gabungan) yang direncanakan pada 2013. Perjanjian penyediaan gas alam telah ditandatangani pada Juni 2009.

4. Toba Perkebunan dan Kehutanan

PT Perkebunan Kaltim Utama I 

Pada 19 Juni 2013, PT Toba Bara Sejahtera Tbk (TOBA) telah membeli mayoritas saham dalam PT Perkebunan Kaltim Utama I. PT Perkebunan Kaltim Utama memiliki total luas lahan sebesar 8.633 ha dan lahan yang sudah ditanam seluas 2.896 hektare. Adapun Izin Penanaman ini akan habis pada tahun 2036 mendatang.

PT Tritunggal Sentra Buana 

Melalui PT Tritunggal Sentra Buana, PT Toba Sejahtra melakukan usaha patungan dengan Wilmar Plantations dan memiliki saham minoritas sebesar 25 persen atas perkebunan kelapa sawit yang berlokasi di Saliki, Kalimantan Timur.

Perkebunan Saliki memiliki total lahan seluas 12.000 ha dengan total lahan Hak Guna Usaha (Izin Operasi) sebesar 5.759 hektare.

Perkebunan Saliki juga dilengkapi dengan alat giling yang dapat mengolah hasil panen minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) dari perkebunan sendiri maupun milik para petani di sekitar.

PT Admira Lestari

PT Adimitra Lestari adalah perusahaan Luhut Panjaitan yang didirikan pada 2005. Pada tahun 2008, perusahaan ini menerima Izin Usaha Pengelolaan Hasil Kayu (IUPHHK) yang berlaku selama 45 tahun untuk 52.100 hektare hutan produktif di Nunukan, Kalimantan Timur.

Pada April 2009, PT Adimitra Lestari telah memulai produksi komersialnya.

5. Toba Industri

PT Smartias Indo Gemilang

Selanjutnya adalah PT Smartias Indo Gemilang yang didirikan pada 2007 lalu. Operasinya melibatkan penjualan dan distribusi KWH meter elektrik prabayar dalam bentuk Smart Card atau STS Meter Token untuk listrik perumahan yang disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Fitur prabayar ini memungkinkan para pelanggan PLN untuk mengelola dan menghemat tagihan listrik mereka dengan baik.

Selain itu, fitur ini juga dapat meningkatkan kerja PLN dalam melayani pelanggan dan operasionalnya secara lebih efisien. Sementara dalam waktu yang bersamaan dapat menghindari adanya pemutusan hubungan listrik akibat adanya tagihan yang belum terbayar.

PT Rakabu Sejahtra

Berbeda dengan perusahaan lainnya, PT Rakabu Sejahtera bergerak di bidang olahan kayu. PT Rakabu Sejahtra didirikan pada tahun 2009 dan memiliki pabrik yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah.

PT Toba Sejahtera memiliki saham minoritas dalam pabrik yang memproduksi berbagai furnitur olahan kayu dalam bentuk rangka pintu, lantai, dan lain-lainnya ini. Produk-produk tersebut banyak dijual untuk pasar ekspor.

PT Kabil Citranusa

Melalui PT Kabil Citranusa, PT Toba Sejahtera memiliki saham minoritas dalam 147 hektare lahan industri yang berlokasi di Batam, Kepulauan Riau. Perusahaan ini didirikan pada 2002 serta dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri gas dan minyak.

6. Toba Property and Infrastructure

PT Toba Pengembang Sejahtera

PT Toba Pengembang Sejahtera adalah perusahaan properti yang memiliki lokasi di kawasan bisnis Megakuningan.

Toba Pengembang Sejahtera memiliki luas lahan sebesar 1,7 hektare, dengan rencana proyek pada kuartal III/2013 untuk melakukan penanaman tiang pancang atau ground breaking gedung.

Related

Indonesia 892915939201941454

Recent

item