Gara-gara Mengubah Batu jadi Hewan Peliharaan, Pria Ini Kaya-raya!

Gara-gara Mengubah Batu jadi Hewan Peliharaan, Pria Ini Kaya-raya!

Gary Ross Dahl, seorang pria asal California, mendadak jadi jutawan setelah menjual batu-batu biasa. Gary Ross menjual batu tersebut sebagai binatang peliharaan. Kok bisa?

Gary Ross Dahl akan selalu diingat sebagai pria yang menemukan istilah 'Pet Rock' atau batu sebagai hewan peliharaan pada tahun 1970-an. Menjual batu sebagai binatang peliharaan tak hanya dilakukan Dahl untuk hidup, tetapi juga menjadikannya seorang jutawan.

Dahl awalnya bekerja sebagai seorang copywriter iklan. Suatu saat dia berhenti bekerja dan menjual batu biasa sebagai binatang peliharaan. Ide itu muncul ketika Dahl sedang berkumpul dengan teman-temannya di sebuah bar. Mereka membicarakan hewan peliharaan, dan masing-masing mengeluh tentang betapa sulitnya merawat hewan peliharaan.

Lalu Dahl tiba-tiba mengklaim bahwa dia tak memiliki kesulitan dengan hewan peliharaannya, karena dia memelihara batu. Semua orang tertawa dan mulai bermain-main dengan idenya. Dahl pun berpikir untuk melanjutkan ide konyolnya itu menjadi sebuah bisnis.

Setelah menemukan dua investor, membangun toko, dan membeli berkotak-kotak batu dari pantai Meksiko, dia mulai menjual batu-batunya sebagai peliharaan. Dia mengemas batu-batu murah itu dengan kemasan yang sangat baik seolah-olah yang ada di dalamnya adalah makhluk hidup sungguhan. Dia memberikan 'sarang' untuk batu di dalam kotaknya, sekaligus lubang agar batu yang ada di dalam bisa 'bernapas'.

Lucunya, dia bahkan memberikan panduan untuk memelihara batu tersebut. Panduannya tentu juga menggelikan, seperti, "Setelah mengeluarkan batu dari kotak, letakkan di atas kertas koran. Batu itu tak akan bergerak lagi, sampai kalian memindahkannya." Ini tentu panduan yang konyol karena batu memang tak bisa bergerak sendiri.

Meski begitu, fenomena batu sebagai peliharaan ini segera meluas ke seluruh tempat di negaranya. Banyak orang berpendapat bahwa ide jenius Dahl muncul di saat yang tepat. Ketika itu perang dengan Vietnam sudah berakhir dan Watergate baru dimulai. Semua orang hanya mendapatkan berita buruk dari media.

"Itu adalah waktu yang membuat banyak orang merasa pesimis. Mereka membutuhkan sesuatu untuk hiburan, dan Pet Rock datang di saat yang tepat," ungkap Dahl, seperti dilansir Oddity Central.

Dalam beberapa bulan saja, Dahl berhasil menjual 1,5 juta batu dengan harga empat dollar Amerika per biji. Uang dari penjualan ini bahkan bisa digunakan Dahl untuk membeli rumah beserta kolam renang dan sebuah mobil Mercedes.

Namun kemudian usaha Dahl tak berkembang. Banyak orang yang mulai meniru idenya dengan inovasi yang menarik, seperti menjual batu yang berlambang bendera Amerika, batu jenis tertentu dengan bentuk tertentu, dan lainnya. Di akhir tahun 70-an, usaha Dahl mengalami penurunan dan Dahl jatuh bangkrut. 

Selanjutnya, dia menggunakan uang hasil penjualannya untuk membuka usaha lain di Los Gatos. Dahl juga menulis buku berjudul Advertising for Dummies yang diterbitkan tahun 2001.

Related

Business 2194855136682923029

Recent

item