Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah (Bagian 2)

Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah

Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Growth Mindset, Cara Agar Selalu Optimis dan Tak Mudah Menyerah - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Cara kedua menumbuhkan growth mindset adalah dengan fokus pada solusi, dan bukan melulu menumpahkan segenap pikiran pada problem dan beragam kesulitan yang menyertainya.

Dalam menjalankan serangkaian action demi menuntaskan tugas atau mewujudkan tujuan yang ingin diraih, kita pasti akan menemui beragam tantangan dan aneka problem. Tentu saja kita mesti menganalisa problem ini, di mana akar masalahnya, demi menemukan solusi yang efektif.

Namun yang kadang muram, kita kemudian terlalu banyak menumpahkan energi untuk membahas problem, dan kemudian disergap kekhawatiran mengenai beragam kesulitan yang menyertai. Atau tak jarang kita menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membahas problem, sambil tak jarang menyalahkan berbagai pihak yang menyebabkan problem terjadi (sebab mungkin menyalahkan pihak lain itu memberi kepuasan tersendiri).

Pola pikir yang terlalu fokus pada problem dan aneka kesulitan yang menyertainya, sambil menyalahkan pihak lain dan enggan mengambil tanggung jawab; pelan-pelan akan bisa menumbuhkan fixed mindset dan sebaliknya mematikan growth mindset.

Selayaknya, pola pikir semacam itu ditransformasikan menjadi lebih solution-oriented. Saat dihadapkan pada problem demi problem yang menghadang, kita sebaiknya secara instingtif memikirkan solusinya. Apa jalan keluar dari kendala ini? Apa yang harus kita lakukan dengan cara yang lebih baik, agar bisa menaklukkan tantangan ini, dan mampu mendapatkan hasil yang lebih baik?

Karena itu, kelak ketika Anda dihadapkan pada problem, segera munculkan respons yang berorientasi pada solusi. Tumbuhkan habit untuk selalu memikirkan solusi yang efektif, setiap kali Anda menemui masalah dan kendala.

Saat menemui kendala atau problem, sebaiknya jangan langsung bilang: problemnya banyak, saya mengalami kesulitan untuk mencapai target karena problemnya banyak.  Respons seperti ini, kalau kata Steve Jobs, adalah respons kelas office boy.

Sebaiknya, saat menghadapi aneka kendala yang menghadang, bilangnya adalah seperti ini: tantangannya banyak, namun inilah serangkaian solusi yang akan saya jalankan. Saya optimis, jika solusi ini saya jalankan dengan tuntas, semua tantangan yang menghadang akan bisa saya atasi dengan sukses.

Cara ketiga untuk menumbuhkan growth mindset adalah menerima tantangan-tantangan dalam pekerjaan sebagai kesempatan untuk menumbuhkan diri.

Saat kita bekerja, tak jarang kita dihadapkan pada penugasan-penugasan yang kompleks dan menantang (challenging tasks). Sebagian orang mungkin akan menerima penugasan itu dengan enggan dan juga takut tidak akan bisa menyelesaikan dengan tuntas. Atau bahkan ada yang menolak karena menganggap tugas itu terlalu sulit bagi dirinya.

Jika kita ingin growth mindset terus tumbuh, selayaknya kita menerima penugasan yang menantang itu dengan tangan terbuka. Sebab justru dengan pekerjaan atau penugasan yang makin kompleks dan menantang inilah, kemampuan kita akan makin tumbuh. 

Pekerjaan yang makin kompleks justru kesempatan bagus bagi diri kita untuk makin meningkatkan kecakapan dan pengalaman diri kita.

Karena itu, kelak ketika Anda dihadapkan pada penugasan-penugasan baru yang makin komplek dan makin rumit, selayaknya pekerjaan ini Anda terima dengan penuh tanggung jawab, tangan terbuka dan semangat optimisme.  

Sebab hanya melalui pekerjaan yang makin challenging, potensi diri Anda akan terus tumbuh. Sebaliknya, jika pekerjaan Anda monoton dan rutin, proses pertumbuhan diri Anda malah akan jadi stagnan.

Jika pikiran Anda tidak bisa meraih growth mindset, dan sebaliknya terjebak dalam fixed mindset, maka kekuatan grit dan day resiliensi dalam diri Anda pelan-pelan juga akan lenyap. Namun jika growth mindset terus bisa tumbuh dalam jiwa Anda, maka kekuatan grit dan daya resiliensi Anda juga akan terus tumbuh.

Related

Inspiration 1419380117093970283

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item