Inilah Semangka Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 84 Juta

Inilah Semangka Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 84 Juta

Rasanya yang manis dan segar menjadikan semangka banyak disukai orang. Tapi tidak semua jenis semangka bisa dinikmati dengan mudah, termasuk semangka densuke yang terkenal sebagai semangka termahal di dunia.

Semangka terkenal sebagai buah yang harganya terjangkau. Siapapun bisa menikmati semangka, apalagi saat cuaca panas terik. Rasanya yang manis dan mengandung banyak air menjadikan semangka begitu digemari.

Dilansir dari Oddity Central, di dunia ini ada lebih dari 1.200 varietas semangka yang ditanam. Setiap varietas semangka memiliki ciri khas masing-masing. Dari ribuan varietas semangka, ada yang menarik perhatian, yakni semangka termahal di dunia.

Semangka hitam yang dikenal dengan sebutan semangka densuke ini diklaim sebagai semangka termahal di dunia. Semangka ini hanya tumbuh di bagian Utara Hokkaido. Buahnya pun hanya sedikit, jadi termasuk semangka langka.

Dalam satu tahun, biasanya hanya bisa dipanen sekitar 100 buah semangka densuke. Karena langka, jangan harap bisa menemukan semangka ini di toko buah atau supermarket. Semangka ini hanya dijual lewat cara lelang.

Hanya pembeli dengan tawaran harga paling tinggi yang berhak membawa pulang semangka untuk dinikmati. Semangka Densuke termahal dalam sejarah dilelang pada 2019 silam, seharga 750.000 yen atau setara Rp 84,2 juta.

Harga semangka ini sempat turun saat pandemi, tetapi semangka hitam tetap menjadi varietas termahal di dunia.

Densuke terbilang mudah dikenali karena memiliki beberapa ciri khas. Semangka ini memiliki kulit berwarna hitam mengkilat, berbeda dengan kebanyakan semangka lain yang umumnya berkulit hijau.

Selain itu, semangka ini juga punya tekstur yang renyah dan rasa yang super manis. Semangka ini juga memiliki sedikit biji, jadi tidak repot ketika dimakan langsung. Orang-orang yang sudah pernah mencoba semangka ini mengatakan bahwa rasanya seperti semangka biasa, namun lebih segar dan enak.

Meskipun kelangkaan varietasnya membuat harga semangka Densuke jadi mahal, perlu diperhatikan juga bahwa harga ini dipengaruhi oleh cara penanamannya.

Biasanya, hasil panen pertama semangka ini akan dijual dengan cara lelang dan harganya super mahal. Namun untuk beberapa semangka selanjutnya bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Satu butir semangka ini dibanderol mulai harga US$ 250 atau sekitar Rp 3,5 jutaan. Meskipun jauh lebih murah dibandingkan harga lelang, tetap saja harga ini sangat mahal untuk ukuran semangka.

Semangka ini dikemas secara premium menggunakan kotak mewah yang dihias dengan cantik. Pembeli semangka densuke juga akan diberi sertifikat sebagai bukti bahwa semangka ini asli.

Selain untuk dikonsumsi sendiri, semangka densuke juga kerap dijadikan hadiah untuk keluarga tercinta. Beberapa instansi juga menjadikan semangka ini hadiah untuk kolega.

Belum jelas mengapa semangka Densuke tak banyak ditanam di luar Jepang. Tetapi, menurut majalah The Gardener, benih semangka ini mulai tersedia secara komersial di Eropa dan Amerika Utara.

Related

Food 1986150038076433593

Recent

item