Insiden Mukden, Keributan Jepang-Cinta Setelah Jalur Kereta Api Dibom

Insiden Mukden, Keributan Jepang-Cinta Setelah Jalur Kereta Api Dibom

Mukden Incident, atau disebut di Jepang sebagai Insiden Manchuria atau Manchurian Incident, pada 18 September 1931, adalah insiden yang terjadi di Manchuria selatan, ketika jalur kereta api yang dimiliki Jepang, di dekat Mukden (kini Shenyang), dibom oleh opsir junior Jepang.

Tentara Jepang memicu ledakan kecil di jalur kereta api pada tahun 1931, dan secara palsu menyalahkan hal itu kepada China, untuk membenarkan invasi Manchuria. Hal ini dikenal sebagai “Insiden Mukden” (Mukden Incident) atau “Insiden Manchuria” (Manchurian Incident). 

Tokyo International Military Tribunal menemukan bahwa Mukden Incident telah direncanakan:

“Beberapa partisipan dalam rencana itu, termasuk Kolonel Kingoro Hashimoto (seorang perwira tinggi tentara Jepang), memiliki berbagai pengakuan bahwa itu semua adalah bagian misi mereka dalam plot, dan telah menyatakan bahwa tujuan ‘insiden’ itu agar mereka mampu membuat alasan untuk pendudukan Manchuria oleh Tentara Kwantung…” lalu Kolonel Kingoro Hashimoto masuk dalam Tokyo War Crimes Trial.

Related

History 1332734013290448350

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item