Jenis Atap yang Tahan Panas

Jenis Atap yang Tahan Panas

Pada saat kamu akan beli rumah bekas, pastikan untuk mengecek bagian atap. Jenis atap rumah yang tidak panas harus benar-benar terpasang dengan baik, apalagi untuk rumah di iklim tropis seperti di Indonesia ini. Rumah dengan bahan atap tahan panas tentunya akan membuat suasana di dalamnya menjadi lebih sejuk setiap waktu. 

Atap merupakan penutup bangunan yang fungsinya melindungi bagian dalam rumah. Memilih jenis atap yang tepat adalah salah satu langkah cerdas untuk membuat rumah terlindungi di masa depan. Atap juga merupakan bagian penting dalam sebuah bangunan. Setiap hari, atap terpapar sinar matahari dan hujan bila. Oleh karena itu, penting untukmu dalam mempertimbangkan jenis atap rumah yang tepat agar rumah bisa terlindungi dengan baik.

Berikut ini beberapa rekomendasi atap rumah tahan panas yang bisa kamu gunakan untuk rumah.

1. Bahan Keramik

Jenis atap rumah tahan panas untuk dipasang pada jual rumah Bekasi adalah atap dengan bahan keramik. Jenis ini cocok pula diaplikasikan pada rumah modern minimalis. Bahan keramik memang lebih tahan lama dan tampilannya yang elegan karena menggunakan finishing glazur. Atap keramik juga dikenal tahan akan panas matahari.

2. Bahan Kayu Ulin

Kayu ulin atau biasa disebut juga dengan sirap merupakan jenis atap rumah yang juga tahan panas dan bisa dipertimbangkan. Jika rumahmu mengusung konsep semi tradisional, bahan atap dari Kalimantan ini bisa jadi pilihan. Kayu ulin memiliki pori dan ramah lingkungan. Atap dari kayu ulin juga bisa melancarkan sirkulasi udara dengan lancar. Hanya saja memang butuh perawatan ekstra.

3. Bahan UPVC

Transaksi beli rumah bekas juga kebanyakan menggunakan bahan UPVC pada atapnya. Bahan jenis ini memang cukup banyak dipilih karena keunggulannya yang tahan panas. UPVC mempunyai rongga udara yang membuatnya bisa membantu ruangan menjadi lebih sejuk. Karakteristik dari bahan ini adalah materialnya yang kokoh, berongga, dan bergelombang. Jenis bahan ini bisa membuat ruangan di bawahnya menjadi lebih adem karena aliran udaranya lancar.

4. Bahan Tanah Liat

Atap dari bahan tanah liat juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Atap jenis ini dapat menghalau panas sinar matahari dan membuat bagian dalam rumah tetap sejuk. Bahan tanah liat ini juga harus dirawat secara berkala untuk melindungi dari kebocoran atau lumut yang menempel.

5. Bahan Beton

Atap berbahan beton memiliki kekuatan yang kokoh. Atap jenis ini bisa memantulkan panas dan menjaga suhu ruangan di tingkat rendah agar tetap sejuk. Nah, atap ini bukan menyerap panas, melainkan menolaknya. Oleh karena itu, atap jenis ini juga cocok digunakan di rumah dengan iklim tropis.

6. Bahan Metal

Bila mencari jual rumah Bekasi yang unik dan variatif, bisa memulainya dengan mencari rumah yang atapnya berbahan metal. Kesan bangunan dengan atap bahan ini akan terlihat lebih modern dan futuristik. Atap berbaha metal anti karat dan tahan panas karena memantulkan cahaya matahari. Ini pastinya akan membuat ruangan terasa lebih sejuk.

7. Bahan Bitumen

Satu lagi atap yang cocok untuk negara beriklim tropis adalah atap bahan bitumen. Atap jenis ini bisa tahan di segala macam kondisi cuaca. Jenis bahan bitumen juga mampu meredam suara sehingga tepat pula jika digunakan di rumah dengan banyak penghuni agar menghindari bising.

8. Bahan EPDM

Biasa juga disebut dengan atap karet, EPDM atau etelina propylene monomer bisa jadi alternatif selanjutnya. Atap EPDM merupakan karet sintetis yang kokoh, bahkan dalam kondisi ekstrem manapun. Bahan EPDM cukup ampuh dan sudah terbukti dalam melindungi bagian dalam rumah dari panasnya cahaya matahari.s.

9. Dari Berbagai Bahan Hijau

Jika kamu beli rumah bekas di pedesaan, atap dengan bahan jenis ini juga kemungkinan bisa terealisasikan. Green roof merupakan atap tahan panas yang terbuat dari vegetasi atau media tumbuhan. Vegetasi ini dibiarkan tumbuh subur untuk menutupi atap. Atap jenis ini sangat bermanfaat dalam mengurangi dan menyerap panas serta ramah lingkungan.

Itu dia berbagai macam pilihan atap tahan panas yang bisa kamu gunakan. Selamat mencoba!

Related

Property 2288662440776400576

Recent

item