Jika Melihat Bendera Kuning di Kapal, Segera Menjauh! Ini Sebabnya

Bendera Kuning Sebagai Simbol Kematian, Bagaimana Sejarahnya? National Geographic Indonesia - Rabu, 24 April 2019 | 17:59 WIB     Ilustrasi bendera kuning.Photitos2016/Getty Images/iStockphoto Ilustrasi bendera kuning.  Nationalgeographic.co.id - Warna hitam sering dikaitkan dengan suasana duka atau kematian. Di beberapa negara, pakaian hitam biasa dikenakan saat menghadiri pemakaman. Warna gelap tersebut seolah-olah menggambarkan kesedihan dan kemuraman setelah ditinggal orang terkasih.   Namun, selain hitam, di beberapa wilayah Indonesia, kuning juga menjadi warna kematian. Disimbolkan melalui bendera-bendera yang dipasang di sekitar rumah duka. Bagaimana awal mulanya?  Baca Juga : Kesaksian Semesta Karena Ulah Gelegar Tambora  Dilansir dari intisari.grid.id, pemilihan kuning sebagai warna kematian ini ternyata bermula dari zaman kolonialisme Belanda. Awalnya, dikenal bendera persegi panjang polos berwarna kuning dengan simbol huruf Q.  Bendera kuning ini merupakan penanda bagi para penderita sebuah wabah mematikan yang wajib dikarantina. Oleh sebab itu, simbolnya adalah Q, berasal dari kata "quarantine".  Baca Juga : Kesaksian Perwira VOC Ketika Prahara 1740 di Tangerang     Konon, di zaman itu, saking mematikannya, wabah tersebut cepat menular dan memakan banyak korban meninggal. Banyak bendera kuning lalu terlihat di setiap kematian.  Hingga saat ini, kebiasaan itu masih dilakukan, meskipun sudah tidak ada wabah. Dan bendera kuning pada akhirnya identik dengan kematian dan digunakan untuk menandai kematian seseorang.

Jika Anda melihat kapal dengan bendera kuning berkibar di atasnya, sebaiknya Anda segera menjauh. Kecuali Anda adalah tim medis yang memang dikirim ke lokasi untuk membantu mereka yang di berada di dalam kapal.

Bendera Kuning merupakan simbol bahwa di dalam kapal tersebut terkandung penyakit/virus yang sifatnya mematikan. Bendera kuning mengindikasikan bahwa kapal tersebut berada pada kondisi karantina (quarantine). Kapal yang mengandung penyakit kolera juga berbendera kuning.

Bendera kuning juga umum kita lihat di Indonesia bila ada orang yang meninggal. Biasanya diletakkan di perempatan jalan, atau jalan masuk gang, yang menandakan bahwa baru saja/sedang ada yang meninggal di daerah sekitar itu. Dan bendera kuning juga sering digunakan sebagai simbol dalam konvoi pemakaman di Indonesia.

Sekali lagi, jika Anda melihat bendera kuning berkibar atau dikibarkan di atas sebuah kapal, sebaiknya Anda menjauh dengan segera, karena di dalam kapal tersebut terkandung penyakit serius yang mematikan, kecuali Anda memang petugas medis profesional.

Related

Science 5134858611765408565

Recent

Hot in week

item