Kisah Raja, Sepuluh Anjing Liar, dan Pelayan yang Bijaksana

Kisah Raja, Sepuluh Anjing Liar, dan Pelayan yang Bijaksana

Raja terakhir dari suatu komunitas memiliki sepuluh anjing liar. Dia menggunakan mereka untuk menyiksa dan memakan pelayan-pelayannya yang melakukan kesalahan.

Suatu waktu, salah satu pelayannya membuat opini buruk, dan raja tidak menyukainya sama sekali. Jadi dia memerintahkan agar pelayan itu dilemparkan ke anjing-anjing liarnya.

Pelayan itu berkata, "Saya sudah melayani anda selama sepuluh tahun, dan anda melakukan ini pada saya? Tolong beri saya sepuluh hari sebelum melemparkan diri saya ke anjing-anjing liar itu."

Raja pun mengabulkan permintaannya.

Pada hari pertama, pelayan itu mendekati penjaga yang menjaga anjing-anjing, dan berkata bahwa ia ingin melayani anjing-anjing itu selama sepuluh hari berikutnya. Penjaga itu bingung, tetapi ia setuju. Dan pelayan itu mendedikasikan dirinya untuk memberi makan anjing-anjing itu; membersihkan mereka, memandikan mereka, dan memberikan segala macam kenyamanan bagi mereka.

Ketika sepuluh hari berlalu, raja memerintahkan tentaranya untuk melemparkan pelayan itu ke dalam kandang anjing-anjing, untuk dihukum. Setelah dilemparkan ke dalam kandang, semua orang terkejut melihat anjing-anjing liar itu hanya menjilati kaki si pelayan.

Raja bingung dengan apa yang dilihatnya dan berkata, “Apa yang terjadi dengan anjing-anjingku?"

Pelayan itu menjawab, "Saya hanya melayani anjing-anjing liar ini selama sepuluh hari, dan mereka tidak melupakan layanan saya. Namun, saya sudah melayani anda selama sepuluh tahun, dan anda melupakannya hanya karena kesalahan pertama saya."

Raja menyadari kesalahannya, dan memerintahkan agar pelayannya dibebaskan.

Related

Inspiration 183491706268492008

Recent

item