Kisah Suzuki, dari Pabrik Tenun Menjadi Perusahaan Otomotif

Kisah Suzuki, dari Pabrik Tenun Menjadi Perusahaan Otomotif

Naviri Magazine - Ada banyak mobil dan sepeda motor produksi Suzuki yang saat ini bisa kita temukan di mana pun. Bahkan, bisa jadi, di rumah kita juga ada kendaraan bermotor produksi Suzuki. Karena kenyataannya memang Suzuki telah menjadi salah satu perusahaan raksasa di bidang otomotif. Namun, di masa lalu, Suzuki adalah penghasil mesin tenun.

Suzuki mengawali debutnya pada tahun 1909, didirikan oleh Michio Suzuki. Semula, Suzuki membuat mesin tenun, dan dinamakan Suzuki Loom Works, kemudian berganti nama menjadi Suzuki Loom Manufacturing Company pada tahun 1920. Karena berhasil membuat mesin tenun, Suzuki akhirnya mulai merambah ke pembuatan mobil.

Suzuki membuat mobil prototipe pertamanya pada tahun 1937, dan memperkenalkan mobil itu ke publik, empat tahun kemudian. Selama Perang Dunia II, Suzuki melayani permintaan pemerintah Jepang untuk memproduksi peralatan-peralatan perang, dan kemudian pemerintah Jepang meminta Suzuki untuk memproduksi mesin-mesin tenun setelah perang.

Pada tahun 1951, pasar mesin tenun anjlok, dan Suzuki berada di ambang kebangkrutan. Mereka mulai menentang kebijakan pemerintah yang meminta mereka membuat mesin tenun. 

Hingga pada 1952, Suzuki akhirnya meluncurkan sepeda motor pertama, yang ternyata sukses besar di pasaran. Melihat kenyataan itu, akhirnya pada 1954 pemerintah Jepang memberikan subsidi kepada Suzuki untuk memproduksi massal sepeda motor. 

Hal ini kemudian menjadi tonggak awal berdirinya Suzuki Motor Corporation, yang terpisah dari Suzuki Loom Manufacturing Company.

Related

Business 5530762962173005070

Recent

item