Mengapa Banyak Negara Pilih Berutang Pada China daripada Bank Dunia atau IMF?

Mengapa Banyak Negara Pilih Berutang Pada China daripada Bank Dunia atau IMF?

Di muka, suku bunga pinjaman China biasanya sekitar 1-2% dengan masa tenggang lima tahun, dan jangka waktu hingga 20 tahun. Bank Dunia menawarkan pinjaman kepada negara-negara berkembang dengan tingkat bunga tetap 1,54%, dengan masa tenggang 10 tahun dan jatuh tempo 40 tahun.

Tapi ini harus dilihat secara agregat. Pinjaman luar negeri China umumnya untuk infrastruktur, dan proyek infrastruktur biasanya diatur untuk dijalankan oleh perusahaan China.

Di sini muncul hal yang menarik, karena perusahaan China membangun secara efisien dan cepat, sehingga mengakibatkan biaya konstruksi lebih rendah.

Misalnya, untuk jalur kereta api. Jika China membangunnya, harganya mungkin US$50 juta per kilometer. Sedangkan jika Jepang yang membangun, harganya mungkin US$100 juta. Jika Eropa membangunnya, biayanya mungkin US$200 juta.

Jadi mari kita pikirkan, jika rel kereta api dibangun sepanjang 200 kilometer. Untuk mendapatkan pinjaman dari China, hanya membutuhkan biaya US$10 miliar. Jika pinjaman dari Jepang, biayanya US$20 miliar. Dan untuk mendapatkan pinjaman dari Eropa, dibutuhkan biaya US$ 40 miliar.

Nah, inilah pertanyaannya. Apakah menurut Anda lebih baik meminta pinjaman kepada China sebesar US$10 miliar? Atau lebih baik meminjam US$20 miliar dari Jepang? Atau lebih baik meminjam US$40 miliar dari Eropa?

Ini tidak termasuk waktu yang dibutuhkan untuk membangun proyek.

Ada kemungkinan proyek yang dapat dibangun oleh perusahaan Cina dalam 3 tahun akan memakan waktu 5 tahun di Jepang dan 10 tahun di Eropa. Waktu konstruksi ini didokumentasikan dengan baik.

Mana yang lebih tepat?

Pinjam $100 miliar dari China, dan kemudian dalam 3 tahun Anda dapat mulai memiliki penghasilan, dan membayar kembali pinjaman tersebut.

Pinjam $20 miliar dari Jepang, dan kemudian dalam 5 tahun Anda dapat mulai memiliki penghasilan, dan melunasi pinjaman.

Pinjam $40 miliar dari Eropa, dan kemudian dalam 10 tahun Anda dapat mulai memiliki penghasilan, dan membayar kembali pinjaman.

Bahkan jika suku bunga di China dua kali lebih tinggi, itu masih akan lebih hemat biaya.

Related

International 3307220008444748850

Recent

item