Mengapa Produsen Air Minum Aqua Berubah Jadi Perusahaan Tertutup?

Mengapa Produsen Air Minum Aqua Berubah Jadi Perusahaan Tertutup?

Aqua memutuskan menjadi perusahaan tertutup kembali (go private) atau delisting dari Bursa Efek Indonesia (BEI) atas keinginan perusahaan sendiri secara sukarela atau voluntary, bukan di-delete oleh pasar modal.

Keinginan PT Aqua Golden Mississippi Tbk (AQUA) untuk undur diri dari bursa baru terwujud sekitar tahun 2009–2010 setelah setelah kira-kira 20 tahunan bertransaksi di BEI terhitung sejak 1990 saat melakukan penawaran perdananya. Penyebab keluarnya Aqua dari bursa bukan karena pailit, merger atau akuisisi, tapi permasalahan internal terkait pemegang saham.

Keputusan Aqua juga sudah diperhitungkan oleh manajemennya, saat memutuskan untuk berpisah dari genggaman investor berati Aqua sudah punya pengganti yang menjamin perusahaan akan tetap going concern.

Jika sudah mendapatkan modal yang kuat dari salah satu perusahaan dunia, back up dana yang lebih dari cukup hingga membuat manajemen Aqua merasa tidak membutuhkan investor dan pembeli saham, ya mengapa harus dipertahankan?

Toh Aqua juga bisa membuktikan sangat mampu berjalan tanpa pendanaan dari pihak eksternal sampai sekarang. Justru dengan menjadi perusahaan tertutup, Aqua tidak memiliki kewajiban untuk mempertanggungjawabkan laporan keuangannya kepada publik.

Related

Business 1776344420100526859

Recent

item