Mengapa Singa Disebut Raja Hutan, Padahal Mereka Hidup di Padang Rumput?

Mengapa Singa Disebut Raja Hutan, Padahal Mereka Hidup di Padang Rumput?

Harimau bertubuh besar, mampu hidup sendiri, dan kuat. Bahkan ada jenis harimau yang lebih besar dari singa. Gajah bertubuh lebih besar dan lebih kuat dari singa. Jerapah lebih besar dan lebih tinggi dari singa. Kuda nil lebih besar, kuat, dan kadang mampu membunuh singa.

Tapi mengapa singa yang disebut raja hutan?

Karena singa adalah raja.

Meskipun ada jenis-jenis satwa yang sebanding atau lebih kuat dibandingkan singa, umumnya mereka lebih memilih untuk menghindari konfrontasi dengan singa. Satwa-satwa tersebut memang bisa melawan bahkan membunuh singa. Tetapi kemungkinan mereka jadi santapan singa lebih besar daripada kesempatan mereka membunuh seekor singa dari kawanannya.

Beberapa alasan lain singa disebut raja adalah:

Singa memiliki kelompok dan menjaga teritori

Singa hidup dalam kelompok yang disebut pride. Satu kelompok dapat terdiri hingga 15 singa dewasa, belum termasuk anak-anak (cubes). Kelompok ini mempunyai satu singa dewasa sebagai pemimpin (alfa), 2–3 singa jantan yang merupakan anak pemimpin, dan sisanya adalah para singa betina (lioness).

Singa mempunyai teritori dan akan berpatroli secara teratur, untuk mengawasi dan melindungi kelompok dan batas teritorinya.

Singa melindungi kelompoknya

Meski tim pemburu utama adalah para betina, alfa mempunyai tugas yang tak kalah berat. Alfa akan memperluas teritorinya, berpatroli, menjaga, atau bertarung. Sendirian.

Termasuk bertarung melawan spesies lain. Musuh utama singa adalah hyena yang mempunyai jenis makanan sama, sehingga mereka sering berebut hasil buruan. Dan kelompok singa muda yang mau mengambil alih kekuasaannya.

Singa mempunyai insting survival yang kuat

Singa mempunyai tradisi yang sama dengan Bangsa Sparta: Agoge. Setelah mencapai usia 2–3 tahun, para singa jantan akan keluar dari kelompoknya untuk menimba ilmu dan membangun kerajaannya sendiri.

Para pejantan muda akan bertarung merebut teritori singa alfa lain. Mereka akan membunuhi anak-anak singa alfa, terutama anak jantan (singa betina dewasa atau anak betina yang beranjak dewasa akan dikawini). Mereka tidak mau membesarkan anak-anak dari pejantan lain.

Dan siklus kembali terulang. Mereka akan memperluas teritori, menjaga teritori dan kelompoknya, menghasilkan keturunan dari para lioness. Hingga akhirnya kerajaan mereka akan direbut oleh pejantan muda dari kelompok lainnya.

Tambahan

Sebagian orang mungkin bingung dengan istilah "forest", meskipun singa terlihat hidup di padang sabana/savanna.

Dalam ilmu lingkungan, forest tidak selalu merujuk pada forest/hutan hujan tropis. Sabana, stepa, tundra pun masuk kategori forest, meski terdapat perbedaan parameter lingkungan.

Ya kecuali masyarakat umum bisa membedakan bagian-bagian hutan sabana (savannah forest) berikut ini: Thorny shrub steppe, Savanna woodland, Thicket savanna, Tree savanna, Dry decious forest savanna, Open woodland savanna, Tree savanna, Shrub savanna, dll. Singa hidup dalam lingkungan "forest" sebagai top predator/puncak rantai makanan.

Related

Animals 975033365556843769

Recent

item