Mengenal Penyakit Gonore, dan Gejalanya Pada Pria Maupun Wanita

Mengenal Penyakit Gonore, dan Gejalanya Pada Pria Maupun Wanita

Gonore atau gonorrhea atau kencing nanah adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae, yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penyakit ini sangat menular, terutama melalui hubungan seksual dengan bergonta-ganti pasangan. 

Penyakit ini menyerang atau menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan (melalui oral sek), dan bagian putih mata (konjungtiva), jika terkena mengenai mata. 

Pada wanita, gejalanya adalah nyeri sewaktu buang air kecil atau disebut drysurria, mengeluarkan cairan yang berlebihan dari vagina (vaginal discharge), dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum, serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual. Jika tidak segera diobati akan menyebabkan kemandulan. 

Pada pria, gejalanya berawal rasa tidak enak pada uretra, dan beberapa jam kemudian diikuti nyeri ketika berkemih, serta keluarnya nanah dari penis. 

Meskipun penyakit ini dapat diobati, pencegahan adalah langkah terbaik sebelum tertular. Pencegahan yang paling utama adalah tidak melakukan aktivitas seksual yang tidak sehat atau tidak aman. Baik pula untuk lebih berhati-hati menggunakan WC umum terutama toilet duduk. Segera periksa ke dokter jika mengalami gejala-gejala di atas.

Related

Health 2837961068329877351

Recent

item