Mengenal Penyakit Herpes Kelamin dan Gejala-gejalanya

Mengenal Penyakit Herpes Kelamin dan Gejala-gejalanya

Herpes kelamin atau herpes genitalis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini sangat menular dan mengifeksi daerah kelamin. 

Gejala herpes biasanya muncul luka (bisul) di dekat daerah di mana virus telah memasuki tubuh. Mereka berubah menjadi lepuh, gatal dan menyakitkan, kemudian sembuh, dan muncul kembali jika ada faktor pemicunya.

Kadang-kadang, orang tidak tahu bahwa mereka memiliki herpes karena tidak menunjukkan gejala, atau gejala sangat ringan. Penyakit ini dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan, dan akan tetap akan bermukim di dalam tubuh. Tetapi obat dapat membantu tubuh melawan virus, dapat membantu mengurangi gejala, dan menurunkan risiko penularan virus kepada orang lain.

Herpes genitalis umumnya menyerang dan menyebabkan luka pada daerah genital atau dubur, bokong, dan paha. Virus dapat menyebar meskipun tidak ada luka/bisul. Bayi baru lahir juga dapat terinfeksi virus ini jika sang ibu mengidap penyakit ini. Wanita kerap kali tidak sadar menderita herpes, karena lecet terjadi di dalam vagina.

Related

Health 1250814355314929432

Recent

item