Mengenal Penyakit Sifilis, Gejala dan Bahayanya

Mengenal Penyakit Sifilis, Gejala dan Bahayanya

Sifilis atau syphilis adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum. Menginfeksi daerah kelamin, bibir, mulut, atau anus, baik pria maupun wanita. 

Sifilis adalah penyakit seksual yang sangat menular dari aktivitas seksual dengan seseorang yang terinfeksi sifilis, pada proses kehamilan dari ibu ke banyinya, perilaku homoseksual, bergonta-ganti pasangan seksual, dan orang yang terinfeksi HIV.

Gejala atau tanda-tanda sifilis berupa luka kecil, bulat, sakit, pada kelamin, anus atau mulut, dan menyebabkan ruam pada tubuh, terutama pada telapak tangan atau telapak kaki. Kadang-kadang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di dekatnya. Banyak orang tidak menyadari gejalanya selama bertahun-tahun, karena gejala ini bisa datang dan pergi.

Dalam tahap/stadium yang parah, sifilis dapat menyebabkan kerusakan otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan sendi. Jika tidak ditangani dengan serius, sifilis dapat menyebabkan kelumpuhan, mati rasa, kebutaan, cacat lahir atau keguguran, dan yang paling ekstrem dapat menyebabkan kematian.

Related

Health 8963504322490509931

Recent

item