Mungkinkah Google Akan Hancur Seperti Yahoo, Nokia, dan BlackBerry?

Mungkinkah Google Akan Hancur Seperti Yahoo, Nokia, dan BlackBerry?

Yahoo, Nokia dan Blackberry jatuh karena tidak memiliki ekosistem yang kuat. Sebesar apapun perusahaan, kalau ekosistemnya lemah, akan mudah jatuh. Contohnya Microsoft lewat Windows Phone, Nokia lewat produk ponsel, yang bahkan saat dibeli Microsoft tetap saja jatuh. Blackberry juga hanya mengandalkan segelintir produk buatannya saja.

Sementara Google tidak semudah itu jatuh, karena ekosistem yang dibangun sangat kuat. Android dibuat terbuka, perusahaan manapun bisa ikut kerjasama bikin desain UI di smartphone produksinya, developer aplikasi bisa ikut jual aplikasi di Play Store. 

Google Chrome menjadi browser bawaan Android. Fasilitas ekosistemnya pun bukan main-main. Super lengkap. Mau buka email bisa, buka peta bisa, buka drive cloud bisa, buka video bisa, dll. Semua ekosistemnya buatan Google.

Jika satu ekosistem gagal atau kalah saing, maka tidak akan banyak berimbas pada pemasukan. Masih banyak ekosistem lain yang bisa menghasilkan cuan. Itulah alasan Google membuat Android, supaya di dalamnya bisa dipasang ekosistem penghasil duit. 

Selain di Android, ekosistem Google bisa diakses lewat OS lain seperti Windows, Linux, Mac. Sehingga iklan sebagai pemasukan utama Google bisa disebar di banyak ekosistem dan banyak platform.

Bahkan jika Android hancur tidak disukai orang dan tidak laku pun, Google tidak hancur. Karena ekosistemnya bisa jalan multiplatform, Masih banyak orang memakai ekosistem Google di OS mereka sendiri. 

Ekosistem ini baru sebagian dari segi produk Google. Sementara Google "cuma" anak perusahaan Alphabet.Inc. Belum bicara hardware buatan Google. Dan Alphabet.Inc sebagai induk usaha masih punya ekosistem lain dan anak usaha, yang nantinya ikut berkontribusi mendukung kegiatan usaha Google. Jadi sangat sulit untuk memprediksi kejatuhan Google dan juga Alphabet.Inc

Tapi bukan berarti Google dan Alphabet.Inc tidak bisa jatuh. Mungkin suatu saat nanti bisa jatuh jika ada perusahaan pesaing yang membuat ekosistem serupa yang lebih lengkap dan lebih bagus, sehingga semua ekosistem milik Google perlahan ditinggalkan, dan pemasukan iklan tidak bisa lagi menutupi biaya operasional perusahaan. Dan anak usaha Alphabet.Inc lain juga tidak bisa lagi membantu Google. 

Tapi entah kapan. Karena Alphabet.Inc dan Google sangat besar dan kuat.

Related

Business 35317367439033213

Recent

item